kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Biro perjalanan ketiban rejeki piala dunia Brasil


Selasa, 10 Juni 2014 / 11:15 WIB
Biro perjalanan ketiban rejeki piala dunia Brasil
ILUSTRASI. Friday The 13th.


Reporter: RR Putri Werdiningsih, Izzatul Mazidah | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Ajang Piala Dunia 2014 yang sebentar lagi bergulir di Brasil membawa berkah bagi biro perjalanan. Pebisnis biro perjalan memanfaatkan animo para penggila bola yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk menikmati tontonan para jagoan bola kaki langsung di negeri Samba.

Yang mengejutkan, ada paket grup tur piala dunia sudah ludes terjual sejak tiga bulan lalu. "Paket sudah closed sejak April dan sekarang tinggal keberangkatan saja," tandas Anton Budiharjo, Direktur Pemasaran PT Brilian Maha Kreasi pengelola situs www.tourbola.com kepada KONTAN, Senin (9/6).

Sejak penjualan dibuka akhir 2013 , hingga April 2014, PT Brilian berhasil menjual 100 paket tur piala dunia 2014. Sebanyak 70% diantaranya berasal dari kalangan pelanggan paket tur liga sepak bola Eropa. Sisanya, sekitar 30% dari pelanggan baru.

Meski jumlah pencari paket tur hajatan sepakbola akbar ini mencapai dua kali lipat dari jumlah alokasi tiket, toh, PT Brilian tak bisa menambah jumlah kuota tiket pertandingan. Sebab, jumlah kuota yang didapat dari penjual tiket resmi Piala Dunia 2014, Thomas Cook Sport, cuma 100 tiket pertandingan saja. "Apakah itu dari net tiket maupun flight tiket, cuma ada adanya segitu. Mungkin piala dunia berikutnya bisa ditambah," ucapnya.

Asal tahu saja, untuk bisa membeli satu paket tur Piala Dunia 2014, pembeli harus merogoh uang antara US$ 8.000 sampai US$ 10.000. Paket yang ditawarkan sudah termasuk tiket pesawat, tiket pertandingan hingga penginapan selama di Brasil.
Rencananya 100 pembeli paket piala dunia tersebut akan diberangkatkan ke dalam lima grup mulai dari pertandingan babak pertama, perempat final hingga final.

Miliki tiket nonton

Sedangkan Bayu Buana Tour and Travel justru lebih banyak melayani penjualan paket single trip pada piala dunia nanti. Menurut Liza Andriani, Manager Corporate Bayu Buana Tour And Travel pihaknya mulai kebanjiran pemesanan tiket pesawat dan hotel untuk piala dunia sekitar Maret dan April 2014.

Padahal, Bayu Buana tidak menjual tiket piala dunia di Brasil. Rupanya, para pembeli tiket pesawat dan akomodasi lewat Bayu Buana sudah mengantongi tiket pertandingan terlebih dahulu. "Jumlah pembeli mulai bertambah sejak Maret, April sampai Mei. Tapi kalau sekarang sudah susah cari tiketnya," paparnya.

Sayangnya Liza tak bisa merinci berapa jumlah pemesan tiket model ini. Ia hanya mengatakan untuk pemesanan tersebut biasanya pembeli lebih banyak memilih memakai maskapai asal Timur Tengah seperti Emirate Airlines.

Adapun untuk mendapatkan satu tiket ke Brasil, para pelancong harus membayar sekitar US$ 2.800 hingga US$ 3.000 per orang.
Tak mau kalah, PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) juga menyediakan paket tur nonton bola dunia di negeri Samba.

Menurut salah seorang staf Panorama yang enggan namanya disebutkan bilang, pihaknya menjalin kerjasama dengan salah satu bank swasta yang sengaja merancang paket tur nonton piala dunia di Brasil. "Jadi kami yang merancang paket tur tersebut," timpalnya.

Panorama membuat paket tur selama empat hari tiga malam dengan harga sekitar US$ 10.000 per orang. Paket ini sudah termasuk akomodasi dan tiket pertandingan sesuai jadwal. Tapi paket ini tidak termasuk tiket pesawat.

Sayang, pihak Panorama tidak bersedia menyebut jumlah pelancong ke Brasil. Yang jelas hingga kini, Panorama masih membuka pintu bila ada yang ingin ke Brasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×