kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BISI International Optimistis Laba Bersih Tumbuh 20% Hingga Akhir Tahun


Minggu, 28 Agustus 2022 / 18:15 WIB
BISI International Optimistis Laba Bersih Tumbuh 20% Hingga Akhir Tahun
ILUSTRASI. Panen hasil benih jagung super hibrida produksi BISI. BISI International Optimistis Laba Bersih Tumbuh 20% Hingga Akhir Tahun


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT BISI International Tbk (BISI) sukses mencatatkan kenaikan penjualan pada semester I-2022. Dari situ, BISI optimistis penjualan bakal berdampak pada perolehan laba bersih yang diproyeksikan bertumbuh 20%.

"Kami optimis pertumbuhan laba bersih (bottom line) di akhir tahun nanti bisa growth 20% bahkan lebih," ungkap Agus Saputra Wijaya, Presiden Direktur BISI kepada Kontan.co.id, Minggu (28/8).

Seperti diketahui, emiten produsen benih dan produk agrokimia ini mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,17 triliun pada paruh pertama tahun ini. Angka tersebut naik 24% dari penjualan tahun lalu dalam periode yang sama sebesar Rp 946,33 miliar.

Laba periode berjalan pun ikut melesat 42,38% dari posisi Rp 145,97 miliar di semester I-2021 menjadi Rp 207,84 miliar di semester I-2022.

Baca Juga: Bisi International (BISI) Memberi Sinyal Menambah Belanja Modal di Sisa Tahun Ini

Agus menjelaskan, faktor utama peningkatan penjualan itu karena saat ini musim dan cuaca sangat bagus untuk pertanian khususnya tanaman pangan. 

"Sebab, musimnya adalah kemarau basah dan terutama untuk jagung memungkinkan ditanam sepanjang tahun ini karena ketersediaan air yang cukup," jelas Agus.

Selain itu, Agus bilang, naiknya penjualan BISI juga disebabkan oleh inovasi untuk mengenalkan varietas-varietas baru. Terutama untuk produk benih tanaman jagung dan hasilnya mendapat respon cukup positif dari petani pengguna.

Karena itu, BISI berkomitmen untuk menjaga kinerja yang dalam tren positif ini hingga akhir tahun. Seperti berusaha untuk memperbaiki jalur distribusi marketing sehingga distributor semakin nyaman bekerja sama.

Baca Juga: Memacu Efisiensi, BISI Meraup Laba Rp 154 Miliar di Kuartal I-2022

Hal ini diwujudkan BISI dengan menambah jumlah armada canvasser fleet untuk proses distribusi produk yang dihasilkan BISI kepada pelanggan. Rencananya BISI bakal menambah 67 unit armada pengantaran di tahun ini, sehingga kepemilikan menjadi 228 unit.

Saat ini, sudah terpenuhi penambahan armada menjadi 215 unit sampai akhir Agustus 2022. Ekspansi ini juga menyerap sebagian besar belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini yang dialokasikan Rp 82 miliar.

Dimana, untuk capex sudah terserap 75% utamanya untuk pembelian mobil, pembelian mesin-mesin produksi, maintenance, bangunan, peralatan laboratorium dan lain lain.

Baca Juga: BISI Menargetkan Pembangunan Gudang dan Kantor Baru Rampung Tahun Ini

Ke depan, masih ada sejumlah ekspansi yang bakal digarap BISI. Rencana pembangunan kantor dan gudang baru, sampai akhir Agustus ini sudah mulai proses cut and fill lahan yang akan digunakan.

Selanjutnya apabila proses itu selesai, gudang dan kantor di Makassar dan Gorontalo tersebut akan langsung dibangun pondasi serta bangunannya.

BISI pun bakal menambah kapasitas produksi pabrik agrokimia mereka menjadi 45 ribu ton/tahun. Melalui anak usahanya yakni PT Multi Sarana Indotani (MSI), BISI berencana memulai rencana penambahan mesin produksi pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×