kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Biznet mengejar realisasi kabel optik 18.000 km


Senin, 24 Oktober 2016 / 10:19 WIB
Biznet mengejar realisasi kabel optik 18.000 km

Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Perusahaan penyedia jaringan internet berbasis kabel optik PT Supra Primatama Nusantara (Biznet) masih harus bekerja keras demi memenuhi target menggelar 18.000 kilometer (km) kabel optik sampai tutup tahun 2016. Perusahaan ini mengklaim sudah membentangkan kabel optik 17.000 km.

Fokus pengembangan kabel optik Biznet tahun 2016 di Jawa, Sumatra dan Bali. Sebanyak 70-80 kota di tiga pulau tersebut menjadi sasaran pengembangan infrastruktur kabel optik. "Di Batam, sedang kami bereskan dan di Palembang kami akan tambah jaringan juga," terang Adi Kusuma, Direktur Utama PT Supra Primatama Nusantara kepada KONTAN, Minggu (23/10).


Sebelumnya, Biznet meresmikan jaringan kabel optik di Tegal, Jawa Tengah. Dalam waktu dekat perusahaan tersebut juga bakal meresmikan jaringan kabel optik di Sukabumi, Jawa Barat. 

Untuk memuluskan ekspansi jaringan kabel optik tahun ini, Biznet menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 triliun. Seluruh dana berasal dari kantong pribadi mereka.

Biznet tentu tak mau mengeluarkan investasi cuma-cuma. Lewat penambahan panjang kabel optik, mereka berharap bisa merangkul total  60.000-70.000 pelanggan akhir tahun 2016. "Target pertumbuhan kami sekitar 40%-50%, itu termasuk pertumbuhan jumlah pelanggan dan juga revenue," ungkap Adi.

Pengembangan kabel optik tahun ini berlanjut tahun depan. Pada tahun 2017, fokus pengembangan Biznet di  kota-kota wilayah selatan Jawa. Perusahaan tersebut juga ingin membangun jaringan kabel optik di Bandar Lampung, Palembang, Bengkulu, Tanjung Pinang, Jambi, Pekanbaru, Medan dan Aceh. Dari Batam, Biznet menghubungkan kabel optik hingga Singapura.

Mengintip situs resmi Biznet, Biznet Fiber telah terhubung dengan lebih dari 1.000 gedung dan 300.000 perumahan. Jaringan kabel optik tersebut menjangkau 73 kota. Sementara 19 kota segera menyusul koneksi kabel optik tersebut.

Biznet menjalankan bisnis network, data center dan TV kabel. Tahun ini, mereka mulai mengoperasikan cabang pertama di Batam.
 




TERBARU

Close [X]
×