Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program afiliasi bukan hal baru dalam dunia e-commerce. Beberapa marketplace telah lama menghadirkan program ini dengan berbagai tawaran keuntungan.
Salah satu yang paling mainstream adalah program afiliasi Shopee. Program ini memberikan kesempatan kepada siapa pun, termasuk para content creator, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membagikan tautan produk di media sosial.
Menyusul tren ini, PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli (BELI) juga meluncurkan program afiliasinya bertepatan dengan ulang tahun mereka yang ke-13.
Edward K. Suwignyo, Group Head Marketing Services Blibli, menjelaskan bahwa program afiliasi ini dimulai pada bulan Juli 2024.
"Memang terlihat bahwa kami meluncurkan program ini agak terlambat. Namun kami ingin memastikan bahwa inovasi ini benar-benar memberikan manfaat bagi penggunanya," ujarnya dalam acara ulang tahun Blibli yang ke-13, di kantor pusat mereka, Senin (15/7).
Baca Juga: Ini Strategi Blibli Tingkatkan Penjualan Properti Secara Online
Alasan dari keterlambatan ini, katanya, adalah untuk memastikan bahwa saat diluncurkan, program ini benar-benar menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.
Peluncuran program afiliasi Blibli ini belum diumumkan secara luas kepada konsumen karena kami perlu melakukan beberapa uji coba yang memastikan keuntungan bagi semua pihak.
Blibli Affiliate menawarkan komisi yang tinggi, mencapai 12% per produk. Detailnya adalah sebagai berikut: untuk produk fashion, kecantikan, dan olahraga komisinya 12%.
Untuk Home & living, Mainan, buku, dan stationery, Travel dan event, Aksesoris handphone, tablet, komputer, gaming, kebutuhan dan anak, serta Blimart, komisinya 7%.
Produk seperti Kamera, Otomotif, Jam Tangan, dan Peralatan elektronik, komisinya 5%. Sedangkan untuk produk HP dan tablet, Komputer dan gaming, Tiket dan voucher, serta Logam mulia dan perhiasan, komisinya 3%.
Lebih lanjut, untuk memudahkan pengguna bergabung dalam program ini, pengguna hanya perlu membuka kolom profil di aplikasi Blibli dan mengakses menu Affiliate Commission.
Baca Juga: Begini Strategi Blibli Genjot Daya Beli Konsumen Terhadap Properti Melalui E-Commerce
"Yang penting adalah, biasanya dalam program afiliasi, pengguna hanya mendapatkan komisi ketika terjadi penjualan produk yang mereka bagikan tautannya. Namun, di Blibli, meskipun pembelian dilakukan pada produk lain melalui tautan yang dibagikan, pengguna tetap mendapatkan komisi sesuai kategori produknya," jelasnya.
Tidak ada kriteria khusus untuk menjadi afiliasi Blibli, seperti jumlah follower maksimal atau pembuatan konten video.
"Artinya, tidak ada keharusan seperti harus membuat video atau memiliki jumlah follower tertentu. Bahkan jika produk dibagikan melalui WhatsApp, itu pun akan dihitung dalam program kami," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News