kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Bos Freeport McMoran datang ke Indonesia bahas IUPK Definitif dengan Jonan


Selasa, 04 Desember 2018 / 15:50 WIB
Bos Freeport McMoran datang ke Indonesia bahas IUPK Definitif dengan Jonan
ILUSTRASI. DIVESTASI SAHAM PT FREEPORT

Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bos Freeport McMoran bertemu Menteri ESDM Ignasius Jonan pagi tadi. Salah satu agenda Presiden Direktur Freeport McMoran, Richard Adkerson tersebut datang ke Indonesia untuk melakukan pembahasan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Definitif yang didalamnya memuat perpanjangan operasi menjadi 2041 dan perpajakan.

Informasi yang sampai ke Kontan.co.id bahwa Richard Adkerson menemuai Menteri ESDM pada pukul 10.00 WIB dan sampai sekarang masih berlangsung. Belum diketahui apakah sudah ada kesepakatan soal permintaan Freeport ke Menteri ESDM soal perpanjangan operasi dan perpajakan sampai tahun 2041. Namun yang jelas Adkerson akan berada di Indonesia sampai dengan ada kesepakatan tersebut.


"Pokok-pokok dalam IUPK sudah disepakati, cuma untuk detailnya masih dalam pembahasan, seperti misalnya stabilitas investasi, apakah perlu masuk dalam IUPK atau diluar dari itu," ungkap Riza Pratama Jucu Bicara Freeport Indonesia ke Kontan.co.id, Selasa (4/12).

Kata Riza, pembahasna tersebut masih akan berlangsung beberapa hari ini. "Akan ada pembahasna selanjutnya," imbuhnya.

Sebelumnya diketahui Freeport meminta perpajakan nail down atau tidak berubah sampai tahun 2041, kemudian perpanjangan operasi sampai 2041, bahkan sebelumnya Freeport meminta ada perjanjian bilateral antara Freeport McMoran dengan Presiden Jokowi agar tidak ada perubahan sampai operasi berakhir 2041 mendatang.

Pembahasan ini lantaran Presiden Jokowi meminta untuk menyelesaikan pembahasan divestasi selesai akhir tahun ini. Saat ini IUPK sementara sudah diterbitkan Menteri ESDM sampai sebulan kedepan. Dengan terbitnya IUPK Sementara itu maka ekspor Freeport bisa kembali berjalan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×