kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Boy Thohir Berharap Brand Cat Kapal Admiral Akan Lebih Besar di Bawah Avian (AVIA)


Minggu, 19 Juni 2022 / 16:47 WIB
Boy Thohir Berharap Brand Cat Kapal Admiral Akan Lebih Besar di Bawah Avian (AVIA)
ILUSTRASI. Pengusaha Boy Thohir berharap bergabungnya Admiral ke Avian Group, akan bisa mengembangkan produk dari segi kualitas.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) memperkuat kerja sama dengan pengusaha Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir. Kedua pihak menjalin kerja sama untuk mengembangkan lebih besar lagi brand cat kapal yaitu Admiral Marine & Protective Coating.

Untuk diketahui, AVIA telah membeli saham PT Multipro Paint Indonesia (MPI) dari Boy Thohir, Chandra Ekajaya dan Tommy Sutomo pada Oktober 2021 silam. Sehingga, menjadikan AVIA memiliki  67% saham di MPI selaku produsen cat kapal Admiral tersebut. Kemudian, AVIA mempererat kerja sama tersebut dengan bertemu kembali Boy Thohir beberapa waktu lalu.

Direktur Utama AVIA Wijono Tanoko mengatakan, melalui akuisisi Avian Brand terhadap PT Multipro Paint Indonesia maka diharapkan produk Admiral dapat dikembangkan lebih luas lagi.

“Didukung dengan pusat distribusi AVIA yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, produk Admiral nantinya akan tersedia dimana saja,” kata Wijono saat dihubungi Kontan, pekan lalu.

Baca Juga: Gandeng Boy Thohir, Avia Avian (AVIA) Perkuat Bisnis Cat Kapal Admiral

Wijono mengungkapkan, brand Admiral hadir untuk memenuhi kebutuhan cat untuk kapal kecil maupun besar yang begitu banyak di Indonesia. Oleh karena itu, AVIA dan Boy Thohir optimistis potensi kerja sama yang dibangun oleh kedua belah pihak.

Senada, Boy Thohir mengungkapkan, kerja sama tersebut punya potensi besar. Mengingat potensi besar terhadap pasar cat perkapalan terutama untuk sektor menengah dan kecil di seluruh Indonesia.

Menurut Boy, semua kapal baik yang besar atau kecil, pasti akan memerlukan pemeliharaan dari waktu ke waktu. Terutama proteksi atau pencegahan terhadap menempelnya biota laut pada lambung kapal. Sebab, hal ini dapat mengurangi kecepatan kapal serta meningkatkan konsumsi bahan bakar, merugikan pemilik kapal dengan adanya peningkatan biaya operasional.

“Melihat fakta kondisi yang ada, memacu kami sebagai perusahaan produsen cat tidak hanya untuk memberikan solusi terhadap perkapalan berksala besar tapi juga menyediakan akses terhadap perkapalan menengah dan yang berskala kecil,” ujar Boy Thohir kepada Kontan, Jumat (17/6).

Boy Thohir menambahkan, kedua pihak tidak pernah berhenti untuk mengembangkan produk yang sudah ada maupun produk-produk baru terhadap pengembangan produk cat floor coating dan protective coating yang sudah ada sejak perusahaan berdiri.

Disamping pengembangan cat Marine, lanjut Boy, Avian bersama MPI juga sedang berjalan untuk mempenetrasi pasar ritel. Melalui kerja sama ini, kedua pihak akan memperluas target market, seiring jalur distribusi yang luas dimiliki oleh Avian yaitu memiliki lebih dari 100 kantor cabang di seluruh Indonesia.

“Kami optimistis bahwa Admiral dapat menjadi produsen cat Marine, Protective Coating dan Floor Coating terbesar di Indonesia,” jelas Boy Thohir,

Ke depan, Boy berharap bergabungnya Admiral ke Avian Group, Admiral dapat mengembangkan produk dari segi kualitas (quality) dan bisa meningkatkan kapasitas produksi (quantity). Serta, meningkatkan buying power raw material menjadi lebih baik sehingga dapat lebih kompetitif dengan perusahaan asing.

Selain itu, Boy juga tidak menutup peluang untuk masuk ke Avian Group secara pribadi sebab sudah adanya jalinan kerja sama yang terbentuk. Namun, untuk saat ini Boy Thohir hanya ingin fokus terhadap pengembangan brand Admiral tersebut.

“Belum dapat dipastikan apakah saya akan masuk ke Avian, tetapi dengan sudah menjadi partner kami harapkan bisnis admiral akan menjadi lebih besar dan bukan hanya untuk Marine saja namun untuk Protective Coating  dan Flooring Coating,” imbuh Boy.

Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Merilis Produk Cat Pencegah Virus Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×