Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu. Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12, lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok.
Animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.
“Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dalam keterangannya, Kamis (21/12).
“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tambah Aditia.
Baca Juga: Beli Lokal 12.12 Bersama TikTok, Tokopedia: Transaksi Naik Hampir 19 Kali Lipat
Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan dan minuman, serta rumah tangga.
Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori kecantikan dan perawatan diri, pakaian wanita, fashion muslim, pakaian pria, serta makanan dan minuman.
Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.
Pada semester 1 tahun 2023, produk parfum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia. Hal ini melatarbelakangi kolaborasi antara Tokopedia dengan berbagai pelaku usaha di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, salah satunya brand lokal SAFF & Co., untuk meluncurkan produk parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ eksklusif di Tokopedia saat Harbolnas 12.12.
Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan menyampaikan sebagai brand lokal parfum, SAFF & Co. terus mendapatkan dukungan dari Tokopedia dan TikTok yang turut berkontribusi pada penjualan kami. Pada momen Harbolnas 12.12, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ secara eksklusif di kampanye ‘Beli Lokal’ Tokopedia.
Baca Juga: SiCepat Ekspres: Bisnis Logistik Last Mile Delivery Bisa Tumbuh di Atas 10% di 2024
Berawal dari menjual sepatu sekolah, Adhitya Caesarico mendirikan usaha lokal sepatu Aerostreet pada tahun 2015. Melalui usaha Aerostreet asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Adhitya ingin seluruh masyarakat dari berbagai latar belakangan bisa membeli sepatu olahraga, sneakers hingga sepatu formal buatan lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau.
“Kini jenis produk Aerostreet makin banyak, mulai dari kaos, jeans, dan masih banyak lagi. Hal ini tidak lepas dari peran ribuan karyawan di Aerostreet. Salah satu prinsip yang selalu kami pegang teguh adalah rajin berkolaborasi. Kami bergabung di Tokopedia sejak 2019 dan di TikTok sejak 2022 agar produk Aerostreet bisa terus ditemukan oleh seluruh masyarakat di Indonesia,” ungkap Adhitya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News