kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beli Lokal 12.12 Bersama TikTok, Tokopedia: Transaksi Naik Hampir 19 Kali Lipat


Kamis, 21 Desember 2023 / 12:01 WIB
Beli Lokal 12.12 Bersama TikTok, Tokopedia: Transaksi Naik Hampir 19 Kali Lipat
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) bersama Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto (kedua kiri), Direktur Eksekutif E-Commerce Tik Tok Indonesia Stephanie Susilo (kedua kanan), Pemilik Usaha AyuNabella Jkt Namira (kiri) dan Pemilik Usaha UniNam Merri Aisir berbincang saat acara Dukung Harbolnas 12.12 di Jakarta, Selasa (12/12/23). Tokopedia dan TikTok Hadirkan Kampanye ?Beli Lokal? saat Harbolnas 12.12 yang diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha khususnya UMKM lokal di Indonesia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia mencatat kenaikan transaksi sejumlah brand lokal hampir 19 kali lipat pada momen tanggal kembar 12.12, jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023. 

Sebagai pengingat, Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu. 

Kampanye Beli Lokal ini bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok.

Baca Juga: Transaksi Tiktok-Tokopedia Dianggap Kurang Menarik, Sekuritas Ini Menilai Sebaliknya

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyatakan, Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal. 

“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ungkap Aditia, dalam siaran pers, Rabu (20/12). 

Dia memaparkan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu antara lain Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. 

Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

Baca Juga: William Jual 0,06% Saham GOTO, Patrick Walujo Borong Terus Saham GOTO

Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

Brand lokal parfum di Tokopedia, SAFF & Co., hadirkan wewangian dari Nusantara Pada semester I 2023, produk parfum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×