kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Bridgestone target kuasai pasar ban lebih dari 50%


Rabu, 23 Mei 2012 / 09:40 WIB
Bridgestone target kuasai pasar ban lebih dari 50%
ILUSTRASI. Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dipertimbangkan untuk diperpanjang. Surya/Ahmad Zaimul Haq


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Pertumbuhan pasar mobil nasional memacu perusahaan ban terus menggelindingkan produk barunya. Salah satunya Bridgestone Tire Indonesia yang meluncurkan Turanza AR-20 kemarin (22/5). Untuk produk baru ini, Bridgestone menargetkan penjualan 400.000 unit pada tahun ini.

Dengan harga jual Rp 800.000 hingga Rp 1,6 juta per unit, Turanza AR-20 baru akan dipasarkan pada awal bulan Juni tahun ini.

Shinya Hisada Direktur Marketing PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, Turanza AR-20 ini ditujukan untuk pasar sedan premium juga bisa digunakan untuk mobil di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) premium, hatchback, dan city car. "Kami menargetkan penjualan Turanza AR-20 mencapai 400.000 unit sampai akhir tahun 2012," ujar Shinya, Selasa (22/5).

Shinya melanjutkan, Turanza AR-20 akan menjadi salah satu produk andalan Bridgestone tahun ini karena menyasar pasar mobil yang memiliki pelanggan cukup besar seperti MPV dan hatchback. Untuk model sebelumnya Turanza AR-10 pada tahun 2011 lalu, berkontribusi sebesar 15% dari total penjualan perusahaan dan tahun ini kontribusi tidak akan jauh berbeda.

Menurut Shinya, model Turanza merupakan pemimpin pasar ban sedan dan MPV premium pada tahun 2011 dengan pangsa pasar sebesar 50%. "Dengan peluncuran Turanza AR-20 kami targetkan pangsa pasar melebihi 50%," ujarnya.

Agus Sarsito Department Manager Field Service Engineering Department PT Bridgestone Tire Indonesia menambahkan, saat ini Bridgestone telah mengekspor bannya ke-54 negara seperti Australia, Kanada, Eropa, Afrika, dan Asia Pasifik.

Daerah tujuan ekspor terbesar Bridgestone adalah Jepang dengan porsi 30%, diikuti kawasan timur tengah sebesar 20%, dan sisanya dibagi rata oleh negara-negara Eropa, Afrika, dan benua Amerika. "Sebanyak 60% untuk ekspor dan 40% untuk pasar lokal," katanya.

Tak hanya Bridgestone, pemain lain pun tak kalah optimistis. Arijanto Notoraharjo Manajer Umum Penjualan PT Gajah Tunggal Tbk menuturkan target penjualan tahun ini mencapai 13 juta unit atau naik 10% dari tahun sebelumnya sebesar 12,2 juta unit. "Sebanyak 10,5 juta unit diekspor yakni ke Eropa, Asia dan timur tengah," ujar dia.

Azis Pane Ketua Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) menuturkan, penjualan total ban mobil di tahun 2012 akan mencapai 52 juta unit saja naik 2%-3% dari penjualan di tahun 2011 sebesar 51 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×