kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,98   13,67   1.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tutup rute dan buka rute baru ala AirAsia


Selasa, 23 April 2013 / 12:59 WIB
Tutup rute dan buka rute baru ala AirAsia
ILUSTRASI. Nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengakses aplikasi BSI Mobile di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/11/2021). Sejumlah bank siapkan platform digital untuk segmen bisnis non ritel.


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Maskapai penerbangan PT Indonesia AirAsia akan meluncurkan dua rute baru dan satu frekuensi rute tambahan. Penambahan rute tersebut dilakukan mulai Juli 2013 mendatang.

Audrey Progastama Petriny, Manajer Komunikasi AirAsia menjelaskan, kedua rute itu adalah Denpasar - Darwin, Denpasar - Kota Kinabalu. Sedangkan frekuensi rute tambahan untuk rute Denpasar - Perth.

"Nanti akan menggunakan pesawat baru yang akan datang di akhir Juni. Ini untuk memperkuat hub (penerbangan) di Bali," ujar Audrey kepada KONTAN, Selasa (23/4).

Audrey menjelaskan, untuk rute Denpasar - Kota Kinabalu akan diluncurkan 27 Juli 2013 dengan 3x penerbangan tiap pekan (Selasa, Kamis, dan Sabtu).

Sedangkan untuk rute baru Denpasar - Darwin dan tambahan rute Denpasar - Perth akan dilakukan per 1 Juli 2013. Rute penerbangan Denpasar - Darwin akan terbang tiap 4x dalam sepekan (Senin, Rabu, Jumat, Minggu). Sementara untuk Denpasar - Perth akan berangkat tiap harinya.

Sebagai informasi, khusus rute Denpasar - Darwin merupakan rute lama yang diaktifkan kembali. Sebelumnya rute tersebut telah ditutup pada tahun lalu.

Tutup rute Jakarta-Saigon

Walaupun AirAsia mengumumkan penambahan dan pembukaan rute baru, namun maskapai ini juga menutup rute rute penerbangan Jakarta-Saigon (Ho Chi Min City) PP.

"Per 15 April, kami hentikan operasional rute tersebut untuk sementara. Alasannya karena perhitungan bisnis," ujar Ridzki kepada wartawan di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (22/4).

Dia bilang untuk sebuah hitungan bisnis yang layak, okupansi penumpang di setiap penerbangan minimal 70%.

Ridzki menjelaskan sebelumnya rute penerbangan Jakarta-Saigon ada empat kali keberangkatan dalam seminggu. "Pesawat tersebut akan kami alihkan untuk rute yg lain, tapi belum tahu rute yg mana," kata Ridzki.

Menurut Ridzki, pihaknya bisa saja akan membuka kembali rute tersebut. "Potensial pasar disana (Saigon) perlu pengembangan. Kami akan terus review pasar di sana," ujar Ridzki. Dia bilang pihaknya selalu mereview pasar setiap bulannya.

Sebelumnya Ridzki bilang, penutupan rute tersebut tidak akan merugikan penumpang yang sudah memegang tiket. Dia bilang akan atur penerbangan dari Kuala Lumpur atau mengembalikan uang tiket tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×