kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Airasia segera tutup rute Jakarta-Saigon


Kamis, 21 Maret 2013 / 16:57 WIB
Airasia segera tutup rute Jakarta-Saigon
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) koreksi 0,77% ke 6.605 pada perdagangan sesi pertama hari ini (27/10)


Reporter: Oginawa R Prayogo |

JAKARTA. Maskapai penerbangan PT Indonesia AirAsia berencana akan menutup rute penerbangan mereka yakni, Jakarta-Saigon ( Ho Chi Minh) pulang-pergi. Saat ini maskapai penerbangan berbiaya murah tersebut (low cost carrier/LCC) sedang mengecek kembali trafik dari rute tersebut.

Ridzki Kramadibarata, Chief Operating Officer (COO) PT Indonesia AirAsia mengakui bahwa pihaknya sedang membahas rencana penutupan rute internasional Jakarta-Saigon. 

"Masih wacana, belum confirmed. Saat ini kami sedang review pasar dan trafik ke Saigon, apa masih dapat berkembang atau tidak?" kata Ridzki ketika dihubungi KONTAN, Kamis (21/3). Dia bilang kepastian jadi atau tidaknya menutup rute ini akan disampaikan pada bulan ini juga.

Menurut Ridzki jika memang jadi ditutup rute tersebut pihaknya janji tidak akan merugikan bagi penumpang yang sudah memegang tiket Jakarta-Saigon. "Bisa saja kita atur penerbangan dari Kuala Lumpur atau kita kembalikan uangnya. Jadi masih banyak alternatif lain. Kami jamin tidak akan merugikan penumpang," jelasnya.

Namun ternyata, sejumlah penumpang sudah mendapat informasi penghapusan rute itu. Anastasia, pemegang tiket AirAsia Saigon-Jakarta tanggal 27 Mei 2013, mengatakan AirAsia sudah memberitahukan pembatalan penerbangan. "Pada 11 Maret lalu, saya dapat kabar via email dari pihak AirAsia bahwa penerbangan Saigon-Jakarta telah dibatalkan efektif per 15 April 2013," ujarnya kepada KONTAN, Kamis (21/3).

Tak ayal, ia bersama ketiga temannya harus mencari jalan lain agar bisa pulang dari Saigon ke Jakarta di tanggal tersebut.

Anastasia mengatakan, AirAsia memberikan tiga solusi. Solusi pertama, memindahkan jadwal penerbangan ke tanggal sebelum 15 April 2013. Kedua, tukar tambah tiket penerbangan dengan rute lain. Ketiga, pembatalan keberangkatan dan pengembalian uang. "Namun dari tiga solusi tersebut saya belum tentukan pilihan," ujar Anastasia.

Sebagai informasi, AirAsia juga pernah menutup rute Solo-Kuala  Lumpur pada tahun 2012 lalu.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×