kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS876.000 -1,35%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Bukalapak menyatakan tertarik menyalurkan KUR untuk UMKM


Senin, 18 November 2019 / 20:39 WIB
Bukalapak menyatakan tertarik menyalurkan KUR untuk UMKM
ILUSTRASI. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) didamping Founder & CEO Bukapalak Achmad Zaky (kiri) meninjau kantor Research & Development Bukapalak usai diresmikan di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/3/2019). Peresmian kantor Research & Developmen

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Marketplace Bukalapak berharap bisa menjadi mitra pemerintah dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi mitra Bukalapak.

Chief Executive Officer (CEO) Achmad Zaky mengatakan, pihaknya siap mendukung seluruh program Kemenkop dalam pemberdayaan dan meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia. Zaky menyebut pihaknya selaras dengan Kemenkop dalam hal pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Turki tetapkan pajak over the top 7,5%, Indonesia bagaimana?

"Salah satu masukan kami adalah menyangkut pendanaan bagi UMKM. Secara sistem, kita siap turut menyalurkan KUR, karena sebelumnya kami sudah menyalurkan kredit Ultra Mikro (UMi) bagi usaha mikro", ucap Zaky usai bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki seperti dalam keterangan pers tertulis yang diterima KONTAN pada Senin (18/11). 

Bukalapak memiliki sekitar lima juta mitra UMKM. Lebih lanjut Zaky berharap Bukalapak bisa dilibatkan dalam penyaluran KUR, yang dapat membantu pemerintah menyalurkan KUR ke sektor riil dan ke sektor atau UKM yang tepat.

"Mudah-mudahan, tahun depan Bukalapak sudah bisa menyalurkan KUR", tegas Zaky.

Selain pendanaan, Bukalapak juga siap bermitra dengan Kemenkop dan UKM dalam hal pendidikan bagi usaha kecil. Ia menerangkan pihaknya memiliki kekuatan membangun komunitas bisnis.

Nantinya bisa jadi Bukalapak akan turun ke lapangan bersama Kemenkop untuk mengedukasi usaha kecil agar dapat menularkan kesuksesan bagi yang lainnya.

Baca Juga: Meski ekonomi tersendat, premi asuransi umum tetap melesat

AVP Public Policy and Government Relations Bukalapak Bima Laga menambahkan, pihaknya berharap kesuksesan Bukalapak menyalurkan UMi bisa direplika bagi UKM-UKM lainnya.

"Kita siap menyalurkan KUR. Terkait aturan main, kita akan mendukung pemerintah dan siap memberikan masukan yang komprehensif. Sehingga, tujuan penyaluran KUR bisa berjalan lebih baik lagi", jelas Bima.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×