kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bukit Asam (PTBA) buka opsi diversifikasi pasar karena harga batubara tertekan


Rabu, 08 April 2020 / 16:38 WIB
Bukit Asam (PTBA) buka opsi diversifikasi pasar karena harga batubara tertekan
ILUSTRASI. Foto udara kantor PT Bukit Asam yang merupakan gedung cagar budaya, di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Rabu (10/7/2019). Rencana revitalisasi aset gedung perkantoran PT Bukit Asam menjadi hotel bertaraf internasional tetap dilanjutkan meski gedungnya mas

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga batubara yang tercermin dalam Harga Batubara Acuan (HBA) mulai merosot terimbas pandemi Corona. Setelah sempat merangkak naik dalam dua bulan terakhir, HBA April 2020 dipatok di angka US$ 65,77 per ton.

Angka itu turun US$ 1,31 dari HBA Maret yang ada di angka US$ 67,08 per ton. Pandemi Corona menambah tekanan pada bisnis batubara yang telah mengalami tren pelemahan harga sejak tahun lalu.

Sejumlah emiten pun mengatur strategi untuk memitigasi dampak pandemi, tak terkecuali bagi PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Baca Juga: IHSG turun 3,18%, ini 10 saham net sell terbesar asing pada Rabu (8/4)

Sekretaris Perusahaan PTBA Hadis Surya Palapa mengungkapkan, HBA April cukup menggambarkan kondisi pasar batubara di tengah pandemi Corona, termasuk dampak yang ditimbulkan seperti lockdown di India yang merupakan salah satu konsumen terbesar batubara.

"Menurunnya konsumsi batubara karena beberapa negara juga mulai membatasi konsumsinya sehingga demand menurun menyebabkan index menurun," kata Hadis kepada Kontan.co.id, Rabu (8/4).

Dalam hitungan PTBA, sambungnya, kondisi pasar dan harga batubara pada triwulan I tahun ini mengalami penurunan sebanyak 25%-30% dibandingkan indeks pada Triwulan I tahun lalu yang masih berada di atas US$ 90 per ton.

Baca Juga: Permintaan lesu imbas corona, harga batubara acuan April turun jadi US$ 65,77 per ton

"Berdasarkan kondisi Pandemi Corona ini, dan HBA yang sudah menurun, proyeksi rerata harga dan juga permintaan batubara di sepanjang tahun akan mengalami penurunan," ungkapnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×