kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,21   -4,21   -0.42%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bulog Perkirakan Tambahan Impor Beras 1,5 Juta Ton Mulai Masuk Akhir Oktober 2023


Selasa, 10 Oktober 2023 / 10:45 WIB
Bulog Perkirakan Tambahan Impor Beras 1,5 Juta Ton Mulai Masuk Akhir Oktober 2023
ILUSTRASI. Bulog Tambahan Impor Beras 1,5 Juta Ton. ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengungkapkan, Perum Bulog akan mengimpor beras sebesar 1,5 juta ton asal Vietnam dan Thailand.

Suyamto bilang pihaknya pun sudah mendapatkan arahan langsung dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk melakukan pengadaan impor itu.

"Segera kami realisasikan, estimasi mulai masuk akhir Oktober 2023," ujar Suyamto saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/10/2023).

Suyamto menuturkan, penugasan impor itu dilakukan dalam rangka menambah stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Perum Bulog.

Berdasarkan catatan Badan Pangan Nasional (Bapanas), stok beras per 6 Oktober 2023 di gudang Bulog sebesar 1,7 juta ton. Dengan rincian sebesar 1,63 juta ton CBP dan 74.000 ton stok beras komersial.

Baca Juga: Jokowi: Dibutuhkan Penambahan Stok Cadangan Beras Nasional Hingga 1,5 Juta Ton

Oleh sebab itu pemerintah akan mempercepat pengadaan itu sembari menunggu proses pemasukan sisa impor 2 juta ton yang ditugaskan oleh Bapanas hingga tahun 2023.

Dari penugasan impor 2 juta itu, yang belum masuk mencapai 875.304 ton beras. Sisa impor beras itu dimaksimalkan akan masuk hingga November 2023.

"Betul, 2 juta pemasukan sampai dengan November, sementara tambahan penugasan baru 1,5 juta ton akhir Oktober 2023," ungkap dia.

Sebelumnya, Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi memastikan akan menambah impor beras sebanyak 1,5 juta asal Vietnam dan Thailand.

Penambahan impor beras itu dilakukan menyusul adanya tambahan usulan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menambah stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Perum Bulog.

Baca Juga: Akan Ada Tambahan Impor Beras 1,5 Juta Ton dari Vietnam dan Thailand

"2 paling besar (asal negara impor), Vietnam dan Thailand," ujar Arief kepada media di Kementerian Pertanian, Senin (9/10/2023).

Lebih lanjut Arief mengatakan, meskipun Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah mengeluarkan izin impornya, dia masih pelit bicara kapan realisasinya impor tersebut dilakukan.

"Sudah, sudah selesai semua. Kemenko sudah, sini sudah, Menteri Perdagangan juga sudah. Jadi, ini buktinya bahwa koordinasi antara kementerian lembaga sudah sangat cepat sekarang," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tambahan Impor Beras 1,5 Juta Ton, Bulog: Mulai Masuk Akhir Oktober 2023"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×