kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Lion Air telat mendiskon tarif, Citilink ternyata lebih dulu pangkas tarif


Rabu, 24 Juli 2019 / 10:42 WIB
Lion Air telat mendiskon tarif, Citilink ternyata lebih dulu pangkas tarif

Reporter: Grace Olivia, Lidya Yuniartha | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Para penumpang Lion Air bisa tersenyum lebar, sebabnya hari ini Rabu (24/7) perusahaan milik Rusdi Kirana itu mendiskon 50% harga tiketnya. Namun demikian, Lion agak telat menerapkan kebijakan pemerintah karena Citilink sebagai pesaingnya sudah lebih dulu mendiskon tarif tiketnya pada 11 Juli 2019.

Hari ini, Rabu (24/7) Lion Air baru menerapkan kebijakan diskon harga tiket yang merupakan bagian dari kebijakan penurunan tarif penerbangan murah alias low cost carrier (LCC) yang ditetapkan pemerintah.  Sesuai kebijakan yang semestinya berlaku mulai 11 Juli 2019 itu, tarif Lion Air dengan diskon hingga 50% itu baru hari ini bisa direalisasikan.

Namun, diskon tarif Lion Air tidak berlaku setiap hari. Pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana mengatakan, diskon tersebut hanya berlaku pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Diskon 50% untuk tarif Lion Air juga hanya berlaku untuk 146 rute penerbangan. Lion Air mengalokasikan diskon tarif sebanyak 30% dari total kursi atau sebanyak 8.278 kursi pada hari yang ditentukan.

Sebelumnya, Lion Air sempat mengalami kendala dalam menerapkan kebijakan pemerintah tersebut. Rudi mengatakan, ada kendala dalam menyesuakian sistem reservasi tiket. "Mulai Rabu ini, semua sudah jalan," ujar Rusdi.

Padahal kebijakan menurunkan harga tiket sudah harus dilakukan jauh-jauh hari. Misalnya, maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia yang sudah lebih dulu mengimplementasikan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait penyesuaian harga tiket pesawat LCC sebesar 50% dari Tarif Batas Atas (TBA) yang diberlakukan mulai Kamis (11/7).

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar. “Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (11/7).

Penurunan harga tiket pesawat sebesar 50% dari TBA diberlakukan untuk rute-rute tertentu dengan jadwal penerbangan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00 – 14.00 waktu setempat. Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya.


Tag


TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×