kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buyung Poetra Sembada (HOKI) Incar Pertumbuhan Bisnis 10% Tahun Ini


Kamis, 29 Juni 2023 / 15:19 WIB
Buyung Poetra Sembada (HOKI) Incar Pertumbuhan Bisnis 10% Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mengincar pertumbuhan bisnis di sepanjang tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen beras merek HOKI, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mengincar pertumbuhan bisnis di sepanjang tahun ini. Setelah menghadapi penurunan kinerja karena dampak pandemi Covid-19, HOKI menargetkan penjualan dan laba dapat naik 10% year on year (YoY). 

Direktur Buyung Poetra Sembada Budiman Susilo menjelaskan bahwa proyeksi kenaikan bisnis tahun ini akan didorong oleh beberapa faktor pendukung, meliputi rencana perluasan jaringan distribusi, peluncuran produk baru, dan peningkatan kontribusi penjualan dari channel modern trade (MT) dan online. 

“Kami melihat itu jadi satu keseluruhan dalam waktu setahun atau revenue setahun kami harap bisa tumbuh 10% dibandingkan tahun 2022. Kalau bicara kuartal per kuartal kami lihat di kaurtal pertama ini bagus, tentunya kan ada hal yang memicunya, pertama high season jadi di bulan April itu ada lebaran,” ungkap Budiman, dalam Paparan Publik Virtual, pada Selasa (27/6). 

Baca Juga: Buyung Poetra Sembada (HOKI) Bakal Bagikan Dividen Rp 9,7 Miliar

Untuk melanjutkan kinerja positif di tahun ini, HOKI bakal melanjutkan agenda ekspansi dengan memperluas distribusi produk DailyMeal keluar Jabodetabek meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Sebagai gambaran, DailyMeal merupakan produk FMCG hasil diversifikasi produk yang dijalankan oleh anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Pihaknya mengklaim, produk DailyMeal ini berhasil mengukuhkan kenaikan penjualan signifikan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun lalu. 

Bersamaan dengan perluasan distribusi tersebut, Perseroan akan meluncurkan beberapa varian produk baru di kategori beras sehat maupun sajian praktis beras berbumbu pada kuartal tiga dan empat tahun ini. 

“Untuk HDN produk barunya yaitu adalah beras merah, kemudian juga beras-beras yang masih related dengan varian yang sudah ada, ada turunannya sendiri dan kemasan-kemasan yang trial pack dan personal. Itu bisa langsung dinikmati gak perlu pakai repot,” tambah Budiman. 

Adapun, beberapa produk FMCG yang sudah dirilis HDN antara lain, DailyMeal Rice varian beras jagung dan nasi singkong serta DailMeal Eats varian nasi kebuli, nasi goreng spesial pedas, dan nasi uduk. 

 

Penjualan produk DailyMeal telah tumbuh 91% QoQ menjadi Rp 1,28 miliar pada kuartal I-2023 ini, dari sebelumnya Rp 670 juta pada kuartal IV -2022. Penerimaan pasar yang baik terhadap produk-produk beras sehat DailyMeal diklaim semakin mengkonfirmasi adanya peningkatan segmen dari konsumen yang mulai mencari gaya hidup lebih sehat dan juga praktis.  

Untuk diketahui, per kuartal I-2023, HOKI membukukan penjualan neto sebesar Rp 432,60 miliar. Angka ini tumbuh signifikan 86,18% dari sebelumnya Rp 232,34 miliar di kuartal I-2022. 

Dari sisi bottom line, HOKI mencatatkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 479,36 juta. Sedangkan pada periode yang sama tahun 2022 laba bersih perseroan mencapai Rp 5,96 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×