Reporter: Nadia Citra Surya |
JAKARTA. Beredarnya kabar akuisisi Para Group terhadap Carrefour yang santer berhembus belakangan ini rupanya tak sepenuhnya salah.
Meski demikian, External Communication Carrefour Indonesia, Hendri Satrio meyakinkah bahwa hubungan bisnis yang dibangun Para Group dengan raksasa ritel asal Perancis tersebut bukanlah akuisisi. "Akan ada semacam partnership dengan Para Group," ujar Hendri kepada Kontan (16/4).
Sayangnya, Hendri enggan merinci hubungan kerjasama tersebut. Ia juga menolak membeberkan apakah kerjasama tersebut akan melibatkan seluruh level jaringan ritel Carrefour, baik hipermarket maupun supermarket (Carrefour Ekspress). Nanti siang saja, lewat konpressnya, ujarnya berahasia.
Meski berhasil memenangi gugatan KPPU soal akuisisi Carrefour Indonesia terhadap PT Alfa Retailindo beberapa waktu lalu, namun secara global pendapatan Carrefour Indonesia memang terus menurun. Padahal di saat yang sama sejumlah negara di Asia yang terus meningkat pendapatannya tahun 2009 lalu.
Meski Irawan Kadarman menegaskan bahwa persoalan krisis ekonomi memang melemahkan daya beli, namun kuat dugaan desakan pesain ritel Carrefour di Indonesia turut menggembosi pendapatannya. Bisa jadi aksi Carrefour menggandeng Para Group merupakan strategi barunya untuk memantapkan kembali posisinya di industri ritel di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News