kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CentrePark Operasikan Layanan Parkir Mutakhir untuk Mal Grand Indonesia


Jumat, 05 Agustus 2022 / 22:37 WIB
CentrePark Operasikan Layanan Parkir Mutakhir untuk Mal Grand Indonesia
ILUSTRASI. Pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu mal terbesar dan terlengkap di Tanah Air, Grand Indonesia, yang terletak di Jakarta Pusat, telah resmi menerapkan inovasi teknologi perparkiran baru untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan mempercepat akses masuk-keluar area parkir mal. Inovasi ini merupakan hasil pengembangan perusahaan penyedia layanan dan teknologi perparkiran, PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark).

Melalui brand CentrePark, PT Centrepark Citra Corpora diplot sebagai pengelola parkir Mal Grand Indonesia pada November tahun lalu. Sebagai payung kerja sama, kedua pihak meneken penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, pada 3 Februari 2022.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Centrepark Citra Corpora Charles Richard Oentomo didampingi Direktur CentrePark Chris Haryadi dengan dua Direktur Grand Indonesia Murali Daran dan Hary Kusnadi. Dengan begitu, sejak 1 Agustus 2022 CentrePark resmi mengelola area parkir kendaraan di Mal Grand Indonesia.

Baca Juga: Hippindo Gelar Indonesia Retail Summit Untuk Bangkitkan Sektor Ritel

Charles Richard Oentomo mengatakan, CentrePark memiliki misi yang sama dengan Mal Grand Indonesia yaitu menyerukan pengalaman berbelanja eksklusif melalui sejumlah brand global yang menjadi tenant-nya, dengan dilengkapi fasilitas kondominium, perkantoran, dan hotel dengan klasifikasi sama mewahnya. "Mal ini cocok untuk to see and to be seen people. Oleh karenanya, kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Grand Indonesia,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Jumat (5/8).

Dalam acara penandatanganan kerja sama ini, kedua belah pihak antusias. CentrePark notabene dikenal sebagai perusahaan operator perparkiran nasional dengan berbagai proyek besar di Indonesia. Pengalaman CentrePark meliputi pengelolaan berbagai area parkir gedung pencakar langit dan area komersial, perumahan hingga township di 50 kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Medan, Batam, Semarang, dan lainnya.

Di wilayah Jakarta dan sekitarnya, CentrePark mengelola lahan parkir gedung perkantoran Sopo Del, kawasan Mega Kuningan, disusul Kuningan City Mall di Jakarta Selatan, hingga Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Baca Juga: Desa Penglipuran dan Mimpi Besar Indonesia Merintis Pariwisata Berkelanjutan

Adapun area parkir Mal Grand Indonesia yang dikelola CentrePark menampung lebih dari 10.000 unit lot parkir kendaraan dengan lebih dari 70 unit akses keluar masuk parkir. Untuk memastikan seluruh kendaraan pengunjung yang parkir di gedung tersebut aman, CentrePark menurunkan puluhan personel yang bekerja selama 7 hari, 24 jam penuh.

Transaksi pembayaran parkir dilakukan non tunai (cashless) dengan uang elektronik berbasis kartu uang elektronik seperti Flazz, Brizzi, TapCash, E-Money, dan lainnya. Tidak hanya cara bayar cashless, area parkir Grand Indonesia juga contactless berkat teknologi parkir paling mutakhir di kelasnya, salah satu di antaranya 100% ticketless. Pemilik kendaraan akan mendapatkan bukti atau karcis parkir berupa  e-struk.

Menurut Direktur Operasional CentrePark Adriatik Harisnanda, kualitas sebuah mal salah satunya dapat diukur dari pelayanan dan fasilitas lahan parkir kendaraan yang diberikan. Tidak hanya pengaturan layout parkir yang baik, melainkan juga termasuk layanan cepat tanggap dan ramah kepada seluruh konsumen. Mal semestinya memiliki fungsi lain dari sekadar buying yaitu pengalaman sejak customer masuk ke gedung mal.

Dalam rangka menciptakan pengalaman perjalanan menyenangkan untuk para konsumen, CentrePark harus membuat teknologi parkir senyaman dan seefisien mungkin dengan tetap memikirkan aspek keamanannya. "Salah satu konsentrasi kami adalah mendigitalisasi bisnis parkir mulai dari alat, sistem, sampai cara bayar parkir. Kami memberikan edukasi kepada semua komponen agar bisa berdampingan dengan teknologi,” imbuh Adri.

Baca Juga: APPBI Imbau Pengelola Mal Berinovasi Tingkatkan Pengalaman Pengunjung

Inovasi sistem dan teknologi modern tersebut sejalan dengan prinsip CentrePark sebagai perusahaan operator parkir nasional yang mengedepankan transparansi. Sistem tersebut mempermudah keterbukaan data sehingga CentrePark sangat taat terhadap aturan perpajakan dan taat terhadap ketentuan perundangan yang berlaku. "Terobosan-terobosan teknologi yang kami gagas juga berdampak pada efisiensi di lapangan agar tercapai titik kesejahteraan kedua belah pihak,” tambah Charles.

Itulah sebabnya, pengelolaan parkir menjadi satu di antara sejumlah faktor baik buruknya fasilitas sebuah mal. Konsumen akan melihat dari sisi pelayanan, ramah tidak, cepat tanggap tidak, selain keamanan tentunya. Hal itu akan menciptakan persepsi mereka terhadap sebuah mal, apalagi untuk mal dengan level grade A.

Berada di lokasi prestisius di Jakarta Pusat, Bundaran HI, Grand Indonesia adalah pengembangan terintegrasi yang terdiri dari perkantoran premium Menara BCA, hotel bintang lima Hotel Indonesia Kempinski, dan apartemen servis Kempinski Private Residences.

Mengusung konsep Family Friendly Lifestyle, mal ini menyediakan kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Di mal ini terdapat banyak tenant dan F&B dari brand ternama. Pusat perbelanjaan ini terdiri dari East Mall dan West Mall yang dihubungkan oleh Sky Bridge dengan total luas area 141.472 meter persegi. Area West Mall dibuka untuk umum pada April 2007 dan diikuti oleh East Mall pada Agustus 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×