kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerita McDonald's di Indonesia dan gurita bisnis produsen Teh Botol Sosro


Jumat, 21 Agustus 2020 / 16:03 WIB
Cerita McDonald's di Indonesia dan gurita bisnis produsen Teh Botol Sosro
ILUSTRASI. Suasana gerai makanan cepat saji McDonald's di Gedung Sarinah, Jakarta, Jumat (08/05). Restoran McDonald's pertama yang berdiri di Indonesia, ditutup secara permanen mulai 10 Mei 2020 setelah 30 tahun beroperasi. Penutupan restoran McD tu dilakukan atas p


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pada Mei lalu, kabar soal penutupan McDonald's di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta menyita perhatian publik. 

Sebab, gerai tersebut telah beroperasi selama 30 tahun dan menjadi tonggak sejarah McDonald's masuk ke Indonesia. 

Manajemen Gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut. 

"Kami menyadari restoran McDonald's di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami, namun juga bagi konsumen kami," ujar Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald's Indonesia Michael Hartono dalam siaran persnya waktu itu. 

Lantas, siapa di balik McDonald's Indonesia?

Baca Juga: Inilah rahasia resep ayam goreng tepung McDonald's

Sejarah McDonald's Indonesia

Cerita McDonald's di Indonesia McDonald's pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991.  

Melansir Kontan, Jumat (8/5/2020), pada 2009, McDonald's sempat harus hengkang dari Sarinah, tetapi kembali lagi pada 2011 melalui proses tender. 

PT Rekso Nasional Food (RNF), anak usaha dari Rekso Group, menjadi nama di balik kesuksesan restoran waralaba ini di Indonesia. 

Situs resmi McDonald's Indonesia mencatat, pada 2009, RNF menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan merek McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, RNF telah membuka lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. 

RNF merupakan salah satu dari anak usaha Grup Rekso. 

Baca Juga: McDonald gugat mantan CEO-nya senilai puluhan juta dollar, begini ceritanya

Dikutip dari situs resmi perusahaan, selain RNF, anak usaha lainnya yakni PT Sinar Sosro (Sosro), PT Gunung Slamat (produsen Teh Cap Botol), serta beberapa anak usaha di bidang properti dan kemasan.

Adapun Rekso International, divisi di dalam Grup Rekso, bertanggung jawab untuk urusan pemasaran dan penjualan untuk pasar luar negeri. 

PT Sinar Sosro merupakan produsen minuman Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Country Choice, air Mineral Prim-a, Step, dan TEBS.

Produk dari PT Sinar Sosro pun menjadi salah satu menu yang ditawarkan di restoran McDonald's Indonesia, seperti varian Teh Botol Sosro ataupun Prim-a. 

Mengutip Kontan, 9 Maret 2018, penjualan varian teh Sosro di gerai McDonald's cukup mendominasi.

Performa ini di luar dari gerai Mc'Cafe yang menawarkan pilihan varian menu minuman lebih luas.

Associate Director of Communication McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengatakan, untuk McD, varian teh paling besar permintaannya. 

Apalagi, saat ini terdapat beberapa jenis varian teh botol Sosro. "Air mineral juga sama dari grup kami itu Prim-a, tetapi memang Teh Botol masih menjadi yang paling besar," lanjut Sutji.

Baca Juga: McDonald's akan jual bisnisnya di Jepang dan menutup 200 gerai di AS tahun ini




TERBARU

[X]
×