Reporter: RR Putri Werdiningsih |
YOGYAKARTA. Jangan kaget apabila nantinya menemukan logo dan tagline Chevrolet di kokpit hingga ekornya pesawat jenis Airbus A320 milik maskapai Air Asia. Produsen mobil asal Detroit itu melakukan kesepakatan kerja sama dengan Air Asia untuk semakin memperkenalkan mereknya baik di dalam maupun luar negeri.
"Ini memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat mencoba serta menikmati produk Chevrolet," kata Michael Dunne, Presiden Direktur PT General Motors Indonesia, di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Selasa (8/10).
Nantinya, akan dioperasikan satu pesawat milik Air Asia berlogo Chevrolet secara bergilir di rute domestik maupun internasional. Adapun rute domestik seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Sedangkan rute internasional seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Bangkok. Kata dia tak hanya eksterior, logo tersebut juga ada di sejumlah interior pesawat seperti meja lipat dan kabin dalam pesawat.
"Produk-produk Chevrolet seperti Aveo, Captiva, Colorado, Orlando, Spin dan Trailblazer dapat dilihat di setiap meja lipat yang terdapat di setiap kursi," bebernya.
Untung bagi AirAsia
Ketika ditanya alasan pemilihan Air Asia menjadi media pengembangan merek, Michael mengaku selain karena kesamaan visi, maskapai asal Malaysia itu juga banyak dipilih konsumennya ketika menggunakan transportasi udara.
Sementara itu Bernad Francis, Direktur Komersial Air Asia menyebut kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan dari sektor di luar ini bisnisnya. Meski diketahui Chevrolet mendapatkan keuntungan dari segi promosi di pesawat Air Asia, tetapi hingga kini belum diketahui persis keuntungan apa diperoleh maskapai tersebut.
"Kami memang belum bisa mengungkapkannya karena masih dalam proses pembicaraan. Pastinya nanti kita akan beri tahu apa keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan," imbuh Bernard.
Untuk tahap pertama, hari ini (8/10) telah dilakukan penerbangan uji coba rute Jakarta - Jogjakarta pp dengan pesawat berlogo Chevrolet kepada sejumlah media. Acara sekaligus menjadi rangkaian penandatanganan kontrak antara oleh Direktur Marketing Air Asia Indonesia Bernard Francis dan Presiden Direktur General Motor Indonesia Michael Dunne.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News