kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Southern ngebet kerjasama dengan Garuda


Selasa, 23 November 2010 / 19:43 WIB
ILUSTRASI. KWIK KIAN GIE DIPERIKSA KPK


Reporter: Gentur Putro Jati | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. China Southern menjadi salah satu maskapai anggota SkyTeam Global Airline Alliance yang ngebet bekerjasama dengan PT Garuda Indonesia (Persero), anggota baru aliansi.

Si Xianmin, Chairman China Southern secara terang-terangan mengaku akan memanfaatkan kerjasama dengan Garuda ke depannya. Maklum, negara yang diwakili dua maskapai tersebut memiliki pangsa pasar penumpang pesawat terbesar di dunia.

"Diharapkan Garuda akan menawarkan penerbangan ke China dengan kami sebagai mitra aliansi. Dengan bergabungnya Garuda ke SkyTeam, diharapkan kerjasama ke depan bisa lebih ditingkatkan," kata Si, Selasa (23/11).

Senada dengan Si, Chairman SkyTeam Leo Van Wijk mengakui bahwa Indonesia merupakan negara terbesar dari sisi pasar dan pertumbuhan ekonomi.

"Sehingga ketika 2012 nanti Garuda bergabung secara efektif ke SkyTeam, akan memberi manfaat bagi seluruh anggota kami. Demikian pula sebaliknya," katanya.

Leo mengakui bahwa alasan diterimanya Garuda ke dalam aliansi dengan syarat maskapai tersebut mau bekerja keras demi kemajuan SkyTeam ke depan.

"Kami ingin menjadi aliansi maskapai yang terdepan dan terbesar di dunia," tegasnya. Selain SkyTeam di dunia ini memang ada aliansi lain yaitu Star Alliance yang beranggotakan tiga maskapai dengan Singapore Airlines sebagai motor utamanya. Serta One World Alliance yang dimotori Cathay Pacific, British Airways, dan American Airlines.

Sementara, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah berpendapat dengan bergabung ke dalam SkyTeam artinya destinasi dan konektivitas Garuda bertambah.

Penandatanganan kesepakatan Garuda bergabung ke dalam SkyTeam hari ini dihadiri oleh beberapa petinggi maskapai anggota yaitu Huang Hsiang Sun, President China Airlines Shan Cuanbao, Chief Marketing Officer China Eastern Si Xianmin, Chairman China Southern Vinay Dube, SVP Ais & Pacific Delta Airlines Hans de Roos, SVP Strategy & Corporate Dev KLM Bram Steller, Chief Operating Officer Kenya Airways Changhoon Chi, President COO Korean Air Gabriela Bordea, EVP Marketing & Sales TAROM Pham Ngoc Minh, dan Chief Executive Officer Vietnam Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×