kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cinema XXI (CNMA) Targetkan Tambah 80 Layar Baru pada Akhir 2023


Selasa, 29 Agustus 2023 / 12:00 WIB
Cinema XXI (CNMA) Targetkan Tambah 80 Layar Baru pada Akhir 2023
ILUSTRASI. Pengunjung memasuki studio untuk menonton film di Cinema XXI Mal Kota Kasablanka, Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) atau Cinema XXI berkomitmen untuk membuka sekitar 80 layar baru pada akhir tahun 2023 dan sekitar 140 layar baru pada akhir 2024.

Sebelumnya, sepanjang semester I 2023, Cinema XXI telah membuka tujuh lokasi bioskop baru dengan tambahan 31 layar yang tersebar di seluruh Indonesia. Dimana salah satunya berlokasi di Kota Cianjur yang sebelumnya tidak memiliki bioskop.

Dengan demikian, hingga 30 Juni 2023, Cinema XXI telah menghadirkan 1.239 layar di 230 lokasi bioskop yang tersebar di 56 kota di seluruh Indonesia.

“Pembukaan lokasi baru ini sejalan dengan komitmen kami untuk membuka sebanyak sekitar 80 layar baru pada akhir tahun 2023 dan sekitar 140 layar baru pada akhir tahun 2024,” kata Hans Gunadi selaku Direktur Utama Cinema XXI melansir dari pernyataan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (29/8).

Baca Juga: Cinema XXI (CNMA) Catat Jumlah Penonton Capai 36,9 Juta di Semester I 2023

“Harapan kami, saat industri perfilman dan kondisi ekonomi telah pulih seutuhnya, kami telah hadir di lebih banyak kota/kabupaten guna memberikan layanan menonton film terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya

Diketahui, Cinema XXI berhasil mencatatkan, kinerja solid sepanjang Semester I 2023 dengan membukukan pendapatan sebesar Rp2,4 triliun pada Semester I 2023 atau tumbuh 22,0% dari Rp2 triliun pada Semester I 2022 (year on year/YoY).

Pendapatan Semester I 2023 ditopang oleh pendapatan tiket bioskop yang berkontribusi hingga 60,2% dari keseluruhan pendapatan, diikuti oleh pendapatan makanan dan minuman sebesar 35,6%, iklan sebesar 1,6%, dan digital platform sebesar 2,2%.

Lebih lanjut, Cinema XXI berhasil mencatatkan EBITDA sebesar Rp681,1 miliar, laba sebelum pajak sebesar Rp274,5 miliar dan laba bersih sebesar Rp215,1 miliar sepanjang semester I-2023.

Jumlah penonton mengalami kenaikan 22,3% pada Semester I 2023 yakni sebesar 36,9 juta dari 30,1 juta pada Semester I 2022 (YoY). Kenaikan ini menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp1,6 triliun di paruh pertama tahun ini.

Peningkatan jumlah penonton juga sejalan dengan kenaikan penjualan produk F&B sebesar 40,5% dari Rp 675 miliar pada Semester I 2022 menjadi Rp948,2 miliar pada Semester I 2023.

Baca Juga: Cinema XXI (CNMA) Cetak Pendapatan Rp 2,4 Triliun di Semester I-2023

Dengan demikian, persentase penjualan produk F&B apabila dibandingkan dengan GBO meningkat dari 47,9% di Semester I 2022 menjadi 58,5% pada Semester I 2023.

Kinerja solid pada Semester I 2023 ditopang oleh performa positif sepanjang Kuartal II 2023 dimana masyarakat menggunakan momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan masa libur sekolah untuk menikmati film-film berkualitas di bioskop.

Apabila dibandingkan dengan Kuartal I 2023, jumlah penonton di Kuartal II 2023 mengalami peningkatan sebesar 74,0% sementara pendapatan bertumbuh sebesar 74,9%.

“Guna meningkatkan kinerja perusahaan serta kualitas pelayanan kepada para pecinta film serta seluruh stakeholders, Cinema XXI akan senantiasa memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menonton film-film favorit mereka, termasuk dengan membuka bioskop di daerah potensial serta menghadirkan inovasi produk F&B sehingga pengalaman menonton film menjadi semakin tak terlupakan,” ungkap Hans.

Baca Juga: Promo Digibank x Cinema XXI Sediakan Cashback 50% Berlaku Setiap Hari

Kemudian, dari sisi animo terhadap film nasional, filmindonesia.or.id mencatat terdapat tujuh film nasional yang ditonton lebih dari satu juta penonton sepanjang 2023 di seluruh jaringan bioskop di Indonesia, yakni:

- Sewu Dino dengan jumlah penonton 4.886.406

- Waktu Maghrib dengan jumlah penonton 2.403.711

- Suzzanna: Malam Jumat Kliwon dengan jumlah penonton 2.082.569

- Ketika Berhenti di Sini dengan jumlah penonton 1.604.359

- Buya Hamka dengan jumlah penonton 1.297.893

- Khanzab dengan jumlah penonton 1.166.706

- Sosok Ketiga dengan jumlah penonton 1.162.291

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×