kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   13.000   0,91%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

City Car Diburu, ATPM Gelontorkan Produk Baru


Rabu, 28 Juli 2010 / 16:49 WIB
City Car Diburu, ATPM Gelontorkan Produk Baru


Reporter: Herry Prasetyo |

JAKARTA. City car alias kendaraan perkotaan kian ngetren di pasar Indonesia. Penjualan kendaraan kecil ini terus melaju seiring minat konsumen terhadap kendaraan. Tak heran, agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun gencar meluncurkan produk baru.

Salah satu produk city car yang baru saja meluncur adalah All New Chevrolet Spark 1.2L. Kendaraan yang diluncurkan oleh PT General Motors Auto World Indonesia (GMAI) ini hadir untuk pertama kalinya di Indonesia pada pembukaan ajang Indonesia International Motor Show 2010m akhir pekan lalu.

Spark, yang diboyong secara completely build-up (CBU) dari Korea, merupakan produk perdana dari Chevrolet di segmen city car. Kendaraan bermesin 1.200 cc ini menawarkan desian berbeda dibanding mobil perkotaan yang umumnya menawarkan desain bulat. Keluar dari kebiasaan, Spark justru menawarkan sapuan tajam pada guratan-guratan bodan mobil.

Pemain lama di segmen city car, PT Kia Mobil Indonesia, tampaknya tak mau kalah pamor dengan kehadiran Chevrolet Spark. Pada hari yang sama, Kia turut menghadirkan versi facelift Picanto yakni Picanto Cosmo.

Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran Kia, yakin, Picanto Cosmom yang hadir dengan desain lebih sporty, mampu menarik minat konsumen khususnya orang muda. Karena itu, pihaknya menargetkan, Picanto Cosmo bisa terjual sebanyak 2.000 unit hingga akhir tahun.

Sementara Spark, yang merupakan pemain baru, tak mau berlebihan dalam memasang target penjualan. Harry Yanto, Product and Business Planning Manager GMAI, menargetkan, penjualan Spark hingga akhir tahun bisa mencapai 450 unit.

Para pelaku di industri otomotif yakin, tahun ini merupakan tahun emas bagi penjualan city car. Secara nasional dan global, pasar mobil perkotaan memang sedang meroket. Tengok saja penjualan city car di bulan Juni yang mencapai 1.600 unit, naik hingga 50,37% dibanding bulan sebelumnya.

Pasar terus berkembang

Menurut Harry, pangsa pasar city car di Indonesia pun terus berkembang. Tahun lalu, pangsa pasar mobil perkotaan ini hanya sekitar 0,9%. sementara hingga pertengahan tahun 2010, pangsa pasar city car telah bertambah menjadi sekitar 1,62%.

Membengkaknya pangsa pasar ini, menurut Harry, disebabkan oleh bertambahnya peminat kendaraan dengan kapasitas maksimal 1.200 cc ini. Harry berpendapat, selain adanya produk baru, peminat terus bertambah karena konsumen mulai sadar mengenai keunggulan kendaraan kecil ini, yakni irit bahan bakar.

Kiki Swanda Setiadi, Direktur Sales and Aftersales Kia, berpendapat, city car tak cuma menawarkan kendaraan dengan mesin kecil dan hemat BBM. Perawatan kendaraan ini pun murah. Selain itu, durabilitas city car bisa diandalkan.

Kiki memperkirakan, pasar city car ke depan akan kian membesar. Apalagi, kalau pemerintah memberlakukan regulasi khusus terhadap mobil tersebut sebagaimana di Jepang dan Korea. Di kedua negara tersebut, masing-masing pmemberlakukan perpajakan yang berbeda secara siginifikan untuk city car. Bahkan, ada insentif pajak untuk kendaraan perkotaan tersebut.

Senada denan Kiki, Harry menilai, adanya perubahan regulasi sebagaimana yang terjadi di Jepang dan Korea akan memberikan kontribusi pertumbuhan penjualan yang cukup besar. Apalagi, selama ini segmen city car cukup tanggung. Target segmen yang disasar biasanya ibu-ibu ataupun mahasiswa.

Sementara itu, Suzuki, yang Maret 2010 lalu meluncurkan city car Suzuki Splash, mengaku tak gentar dengan kehadiran produk baru dari kedua kompetitor tersebut. Johannes Saragih, General Manager Marketing Planning 4W PT Suzuki Indomobil Sales, mengungkapkan, pasar city car yang kian membesar tak akan menggerus pangsa pasar yang dikuasai Splash.

Hingga Juni 2010, penjualan Splash telah mencapai 2.305 unit. Johannes menargetkan, Splash bisa terjual sebanyak 6.000 unit hingga akhir tahun nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×