kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,06   -9,87   -1.00%
  • EMAS984.000 -0,40%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ctrip 360 Gandeng Perumkmindo Bantu Mendigitalisasikan UMKM


Selasa, 21 Desember 2021 / 14:01 WIB
Ctrip 360 Gandeng Perumkmindo Bantu Mendigitalisasikan UMKM
ILUSTRASI. PT CTRIP Technology Indonesia (Ctrip 360), startup penyediaan VR Technology, Creative Content production, Live Streaming, dan E-commerce


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ctrip 360, startup penyediaan VR Technology, Creative Content production, Live Streaming, dan E-commerce menjalin kerja sama dengan Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Perumkmindo) dalam rangka membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memaksimalkan bisnis melalui platform digital.

James Du selaku CEO PT CTRIP Technology Indonesia mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu mendigitalisasikan UMKM di Indonesia. "Kolaborasi antara Ctrip 360 dengan Perumkmindo merupakan upaya untuk membantu itu," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (21/12).

Ctrip 360 akan membuka kelas training edukasi digital marketing yang akan membantu para pelaku UMKM untuk mengoptimalkan platform digital dalam berbisnis seperti membuat content untuk product dan cara berjualan melalui live streaming.

Baca Juga: Kupas Tren Pajak Ke Depan, RSM Indonesia Gelar Indonesian Taxation Outlook 2022

Peluang bisnis UMKM saat ini lebih mengarah kepada e-commerce. James bilang, minimnya pelatihan dan pendampingan serta pemahaman tentang pemasaran digital menjadi salah satu faktor penyebab UMKM masih menggunakan cara konvensional dalam pengembangan bisnis mereka.

Selain itu, Ctrip 360 juga melakukan strategi Merger dengan Seahub Media untuk ke depannya membuat program pelatihan jangka panjang dengan mendirikan education center yang tidak hanya ditujukan untuk pelaku UMKM saja, namun memiliki cakupan pasar yang lebih luas.

Sementara Tommy Li selaku COO Seahub Media berharap program ini menjadi program jangka panjang dan luas, sehingga bukan hanya UMKM yang mendapat pelatihannya ke depannya dan harapan kami melalui program ini dapat mengintegrasikan UMKM se-Indonesia untuk naik kelas dan sigap dalam merebut pasar di tengah persaingan digital.

Program pelatihan yang akan diberikan nantinya dalam bentuk kelas training dan akan ada hadiah bagi para pelaku UMKM, peserta didik, dan pengajar berprestasi terpilih.

Tommy mengatakan, pihaknya menyediakan hadiah Rp 1 miliar - Rp 2 miliar bagi peserta didik, pelaku UMKM dan tenaga pengajar yang berprestasi selama program Pendidikan.

Baca Juga: SiCepat Ekspres Kirim Lebih Dari 2,8 Juta Paket Per Hari Sepanjang Tahun 2021

Arifin Ibrahim selaku Ketua Umum Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia menyambut baik adanya kerja sama ini, beliau berharap adanya kerja sama ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam memaksimalkan performa bisnis mereka di tengah gempuran produk luar negeri yang masuk melalui platfrom digital.

“Kami bangga dengan adanya kerja sama ini, ini merupakan suatu kemajuan bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bertransformasi ke arah digital dengan mengembangkan cara promosi mereka agar dapat bersaing di tengah era digitalisasi saat ini dan produk mereka lebih dikenal masyarakat luas” jelas Arifin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×