kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar mobil 'Jepang' yang bakal meluncur di 2016


Kamis, 07 Januari 2016 / 19:20 WIB
Daftar mobil 'Jepang' yang bakal meluncur di 2016


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA.  Menu mobil baru merek Jepang tahun ini tidak kalah menggiurkan dibanding tahun lalu. Puluhan model anyar sudah disiapkan para merek, termasuk peluru” yang belum sempat ditembakan pada 2015. Apa saja mobil-mobil baru yang akan meluncur pada 2016? Berikut prediksinya.

Daihatsu

Merek langganan nomor dua terlaris di Indonesia ini sedang terusik prestasi Honda jadi pasti ada strategi “serangan balik”. Satu yang dinanti yaitu model baru hasil kolaborasi dengan Toyota Indonesia berupa MPV lebih kecil dari Xenia.

Sebagian besar model Daihatsu sudah dapat penyegaran tahun lalu, jadi kemungkinan fokus tahun ini tertuju pada “adik” Xenia itu yang dipastikan masuk segmen low cost green car. Nama model produksi belum diketahui, tapi informasi yang diperoleh internal perusahaan menyebutkan paling cepat diluncurkan Agustus 2016, kemungkinan besar dipamerkan pada pameran otomotif nasional.

Datsun

Merek “mobil murah” ini berprestasi hebat. Padahal cuma menawarkan dua model, hatchback Go dan MPV Go+, tapi total pencapaiannya sebanding dengan Nissan pada tahun lalu. Datsun siap berlari lebih kencang tahun ini dengan tambahan satu model baru, crossover berbasis MPV Go+ yang disebut Go-Cross.

Go-Cross bukan “mobil murah” Rp 100-an juta seperi dua model perdana Datsun sebelumnya, harganya dipatok antara Rp 150 juta – Rp 200 juta. Tahun ini juga Go dan Go+ dapat edisi facelift.

Honda

Pecinta sedan Indonesia jangan khawatir, dua sedan baru Honda, All-New Civic dan New Accord siap meluncur tahun ini. Honda juga telah mengonfirmasi Mobilio ‘major change” bakal kembai menggempur segmen low MPV.

Honda memastikan MPV dengan pintu geser, Freed, tetap diproduksi setidaknya sampai tahun ini. Honda akan terus menyerang model mainstream Toyota, setelah Avanza ditantang Mobilio, Innova bakal diganggu Jade. Keputusan Jade dijual di Indonesia akan datang tahun ini.

Mazda

SUV kompak Mazda CX-3 sudah dirakit di Thailand dan dijual di Malaysia, tahun ini giliran Indonesia yang meluncurkannya. Selain itu, roadster terlaris sejagat, All-New MX-5, yang sudah digosipkan bakal diperkenakan sejak 2015 bisa kejadian juga meluncur tahun ini.

MPV rebadge Suzuki Ertiga, VX1, sudah masuk usia facelift. Kita akan lihat apakah Mazda Indonesia mau menyegarkan tampilannya tahun ini.

Mitsubishi

All-New Pajero Sport adalah produk Mitsubishi paling dinanti, jadwal peluncurannya sebentar lagi. Selain itu versi facelift hatchback Mirage dan Outlander Sport juga bakal diluncurkan. Pada pameran otomotif nasional 2016, Mitsubishi juga bakal memamerkan prototipe pertama model baru calon MPV “Sejuta Umat”.

Nissan

Nissan sudah mengatakan bakal fokus pada model yang diinginkan masyarakat Indonesia, yaitu MPV dan SUV. Salah satu andalan MPV, Grand Livina, kabarnya akan meluncur generasi terbarunya tahun ini mengingat penjualannya terus drop sejak 2014.

MPV Nissan yang lain, Evalia, dinilai terlalu konvensional bahkan India memutuskan untuk mengakhir penjualannya. Belum pasti nasib Evalia di Indonesia.

Suzuki

Varian Ertiga paling mewah, Dreza, jadi model baru pembuka buat Suzuki pada 2016. Selain itu Suzuki juga sudah mempersiapkan New Vitara, model dengan teknologi hibrida murah Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), dan Wagon R 7-seater. Menarik menanti keputusan Suzuki Indonesia apakah akan terus memasarkan Splash.

Toyota

Merek paling laris di Indonesia ini sudah meyiapkan strategi khusus buat melebarkan jarak penjualan dengan Honda.  Pabrik Toyota bakal mulai memproduksi mesin 1.5L baru pada tahun ini, jantung pacu itu akan digunakan MPV Sienta yang bukan hanya dijual tapi juga dirakit di dalam negeri meski mengorbankan Etios.

Pada 22 Januari 2016 All-New Fortuner akan meluncur. Selain itu, RAV4 juga sepertinya bakal mulai dijual pada tahun ini setelah terbengkalai pada 2015. Model baru lain yang masuk hitungan, MPV “adik” Avanza. (Febri Ardani Saragih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×