Reporter: Widyanto Purnomo | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) optimistis mencapai target penjualan 185.000 unit di akhir tahun 2014. Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) rupanya menguntungkan bagi penjualan Daihatsu.
Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor mengatakan, angka penjualan November menunjukkan sinyal positif.Daihatsu menjual 15.518 unit, naik 2,77% dibanding penjualan Oktober yang sebesar 15.100 unit.
"Kenaikan BBM berdampak pada penurunan pasar mobil 3% tapi tidak berpengaruh pada Daihatsu. Karena konsumen cenderung memilih mobil irit BBM seperti Daihatsu," kata Amelia.
Dengan begitu, pangsa pasar Daihatsu juga naik. Akhir November, market share Daihatsu diklaim menjadi 15,4%.
Untuk mengejar target penjualan tahun 2014, Daihatsu akan mengandalkan penjualan dari GranMax. "Saat ini penjualan Gran Max menjadi paling dominan bagi perusahaan," terang Amelia.
Di isi lain, Amelia mengaku pabrikan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Xenia sedang turun. Itu karena pemain di ceruk ini makin banyak dan persaingan lebih ketat. Namun, secara keseluruhan, Amelia bilang, hampir di semua varian Daihatsu mengalami kenaikan penjualan.
Oiya, ada kemungkinan, Daihatsu akan memperkenalkan adik dari Xenia di segmen low MPV. Tapi, Amelia enggan membeberkannnya, “Tunggu saja tanggal mainnya,” kata dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News