kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Produsen Mobil Terbesar Indonesia 15 Tahun Beruntun


Jumat, 19 Januari 2024 / 10:56 WIB
Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Produsen Mobil Terbesar Indonesia 15 Tahun Beruntun
ILUSTRASI. Biith Astra Daihatsu Motor di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 (12/8).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama tahun 2023, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel mencapai sekitar 998.000 unit. Sementara itu, Daihatsu di Indonesia membukukan raihan penjualan ritel sebanyak 194.108 unit, atau naik 2,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sejumlah 188.660 unit.

Dari pencapaian ini, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 berkontribusi sebesar 19,4% market share (pangsa pasar) otomotif nasional, atau naik sebesar 0,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebesar 18,6%. Hasil tersebut menjadi catatan penting bagi Daihatsu karena mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 didominasi oleh tiga besar model, seperti Astra Daihatsu Sigra sebanyak 63.285 unit atau berkontribusi sekitar 32,6%, disusul Gran Max PU (pick up) sebanyak 43.896 unit (22,6%), dan Terios dengan raihan 24.785 unit (12,8%).

Baca Juga: Catat! IIMS Kembali Digelar 15-25 Februari 2024

Tak berbeda jauh, dalam hal penjualan setiap model pada setiap segmen pasar otomotif nasional, terdapat 3 model Daihatsu yang berada di urutan pertama menjadi pilihan masyarakat Indonesia, mulai dari Astra Daihatsu Sigra dengan kontribusi sebesar 58% di segmen pasar LCGC MPV, disusul Gran Max Pick PU sekitar 49% dari segmen Pick Up Low, dan Gran Max MB (Mini Bus) sebesar 85% dari segmen pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 12.444 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2023 dengan capaian positif sekaligus mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009," ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (18/1).

Dia berharap capaian tersebut dapat terus memotivasi Daihatsu untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×