Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Indonesia International Motor Show (IIMS) biasanya menjadi ajang paling efektif bagi perusahaan otomotif untuk menggenjot penjualan. Namun, buat PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ajang kali ini tak lebih dari sarana menunjukkan rangkaian teknologi dan visi perusahaan.
Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra menjelaskan visi tersebut dalam konferensi pers IIMS 2014 di Daihatsu Logistic Centre, Senin (8/9). Menurut Amelia, pameran otomotif tahunan terbesar di Indonesia yang akan digelar 18-28 September itu akan menjadi ajang menunjukkan produk masa depan yang dimiliki Daihatsu.
"Pameran ini menjadi bagian dari komitmen untuk memperlihatkan produk berteknologi tinggi dan visi perusahaan. Kami akan menyajikan mimpi bahwa perusahaan punya kemampuan rancang bangun," tegas Amelia.
Ditambahkan juga bahwa nantinya booth Daihatsu akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Di IIMS kali ini tidak dipajang model-model yang saat ini dipasarkan. Yang muncul justru mobil konsep dan model yang sudah dimodifikasi. Sedangkan tempat khusus untuk divisi desain masih dipertahankan.
"Kami ingin menunjukkan pada manajemen dan prinsipal, bahwa ADM adalah perusahaan yang akan menggunakan kemampuan dan inovasi anak bangsa. Bukan cuma mampu melakukan minor change, tetapi bisa menciptakan full model change," tukas Amelia.
Tanpa program penjualan
Karena berkomitmen tidak fokus untuk penjualan, ADM mengaku tidak punya program khusus atau promosi di IIMS 2014. Meski demikian, ADM tidak menampik jika ada sebagian orang datang dan ingin membeli produk Daihatsu.
Hanya disiapkan paket kredit dari sembilan leasing yang bisa dipilih. Pengunjung juga bisa melakukan tukar-tambah dan mendapat paket asuransi. "Sebenarnya program ini sama dengan orang membeli di dealer. Bagi kami, penjualan ada pada 219 outlet di Indonesia, bukan 10 hari saja di IIMS," kata Amelia. (Donny Apriliananda)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News