Reporter: Gloria Haraito |
JAKARTA. Melihat prospek pasar otomotif yang cerah tahun ini membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) siap merengkuh penjualan tinggi. Demi merealisasikan target tersebut, awal pekan ini ADM meresmikan lima penyalur sekaligus. Hingga akhir tahun, ADM menargetkan memiliki 179 penyalur.
"Seiring dengan adanya peningkatan penjualan, maka pembukaan outlet-outlet di lokasi baru dengan letak strategis sangat diperlukan," ujar Toto Suryana, Direktur Operasional PT Astra Daihatsu Motor.
Kelima penyalur ini antara lain ASCO Fatmawati. Ruang pamer ini memiliki luas 1.751x2.807 meter persegi (m2) dengan target penjualan 150 unit per bulan. Outlet kedua yaki ASCO Daihatsu Radio Dalam, yang memiliki luas 1.168x1.920 m2. Gerai ini ditargetkan menjual 75 unit per bulan.
Adapun gerai ketiga yakni Armada Auto Tara Depok memiliki luas 411x1.722 m2. Gerai ini ditargetkan menjual 120 unit per bulan. Gerai keempat, Armada International Motor Cabang Surabaya seluas 1.288x1.561 m2 ditargetkan menjual 120 unit per bulan. Lalu gerai kelima, Armada International Motor Cabang Magelang yang seluas 2.400x3.200 m2 ditargetkan menjual 80 unit per bulan.
Toto mengatakan, untuk membangun kelima penyalur ini, ADM sudah menginvestasikan Rp 25 miliar per gerai. Tahun lalu, ADM memiliki total 169 penyalur. Tahun ini ADM menargetkan membuka 10 penyalur baru sehingga total mencapai 179 penyalur. Dengan dibukanya lima penyalur baru, ADM sudah memiliki 176 penyalur. Dus, lima bulan ke depan ADM akan membuka tiga penyalur tambahan. Sementara tahun depan, ADM menargetkan sedikitnya lima gerai penyalur.
Sebetulnya, ADM bukan cuma menargetkan penambahan penyalur. "Kami juga tengah berusaha mengubah semua penyalur sesuai standar kualitas baru," lanjut Toto. Menurut standar kualitas baru, satu gerai penyalur menyajikan layanan 3S, yakni sales, service, dan sparepart. Selain itu, gerai penyalur didesai modern dengan garis aerodinamis berwarna merah yang menghiasi ruang pamer. Gerai penyalur pun menyediakan fasilitas hotspot bagi pelanggan dan taman bermain bagi anak kecil yang ikut berkunjung.
Gerai penyalur juga dilengkapi dengan layar multi media berteknologi layar sentuh utnuk mencari keterangan produk Daihatsu, mulai dari varian hingga harga. Ada pula hiburan dari TV media internal yang ditampilkan melalui 2 LCD 42 inci yang terdapat di ruang tunggu pelanggan.
Toto mengakui, belum semua gerai penyalur sudah sesuai dengan standar baru ini. Sampai saat ini, baru 56 gerai penyalur yang sesuai standarisasi. "Hingga akhir tahun kami menargetkan akan ada 80 gerai penyalur yang sesuai standar baru," terang Toto. Sementara tahun depan, ADM menargetkan 30 gerai lagi yang memakai standar baru.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News