Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Hanya butuh dua bulan bagi Yamaha merebut tahta sepeda motor sport bergaya super sport aliasĀ full fairingĀ dari tangan Kawasaki. Di segmen ini, praktis hanya tiga model sepeda motor yang bersaing, yakni Kawasaki Ninja250R, Honda CBR250R, dan yang terakhir masuk ke pasar Yamaha R25.
Mengacu data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Yamaha baru mulai memasarkan model terbarunya, R25 ke pasar domestik mulai Juli 2014. Kini, baru dua bulan pemasaran, Yamaha langsung berhasil menjungkalkan Kawasaki yang sudah bertahun-tahun berkuasa di segmen ini.
Data wholesale Agustus 2014, Yamaha berhasil menjual 2.202 unit R25, meninggalkan Kawasaki yang cuma melego 2.159 unit saja. Menariknya lagi, Yamaha hanya menawarkan R25 dalam satu varian saja, sementara Kawasaki melego Ninja 250R dalam dua pilihan, versi ABS yang terjual 1.714 unit dan non ABS (445 unit).
Sedangkan, Honda yang mengandalkan CBR250R, hanya mampu menjual 152 unit. Terdiri dari versi ABS 116 unit dan non-ABS (36 unit). Kekalahan Honda cukup dimaklumi, karena punya spesifikasi mesin yang berbeda, yakni satu slinder. Sementara, R25 dan Ninja 250R menggunakan mesin dua silinder.
Kembali mengacu data AISI, periode delapan bulan pertama tahun ini tercatat, total penjualan sepeda motor sport mencapai 756.979 unit. Dari jumlah itu, hanya 27.706 unit disumbang oleh sepeda motor sport bermesin 250 cc (semua model dan merek) atau 3,6% dari total. Dominasi penjualan masih disumbang kelas 150cc, dengan 716.333 unit atau 94,6% terhadap total sport. (Agung Kurniawan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News