kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,19   -8,30   -0.90%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Damri mengembangkan armada bus berbasis listrik


Rabu, 01 Desember 2021 / 23:43 WIB
Damri mengembangkan armada bus berbasis listrik
ILUSTRASI. Sebuah bus listik Damri melintas usai diluncurkan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/11/2021).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Damri (Persero) meluncurkan uji coba operasional bus listrik di Terminal 3 Gate 5 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, bertepatan pada HUT ke-75 DAMRI pada Kamis (25/11) lalu.

Program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) ini merupakan implementasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). "Kendati demikian, sebelum akhirnya melakukan peluncuran uji coba, DAMRI telah melakukan berbagai pengembangan seperti uji coba konversi bus konvensional menjadi bus listrik." kata Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri Sidik Pramono Rabu (1/12).

Bus listrik yang akan dioperasikan Damri merupakan hasil kerja sama dengan PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors dan kerja sama lainnya dengan PT Sokonindo Automobile dengan jenis mikrobus listrik. Nantinya jika seluruh kebijakan terkait kendaraan listrik sudah ditetapkan, maka Damri siap untuk mengimplementasikannya di seluruh segmen perkotaan dan segmen lainnya menyesuaikan dengan fasilitas atau infrastrukturnya.

Baca Juga: Indonesia jajaki kerja sama sektor transportasi dengan Papua Nugini

Pengoperasian bus listrik ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menekan gas emisi buang hingga 29% pada tahun 2030 dan menggantikan peran bus berbahan bakar minyak sehingga dapat mengurangi polusi udara di tanah air.

Selain itu, Damri juga ingin menunjukkan bahwa telah bertransformasi menuju energi yang lebih ramah lingkungan, resiliensi, inovatif, modern, dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat. Hal tersebut sejalan dengan dukungan terhadap Indonesia yang menjadi salah satu negara yang melakukan penandatanganan United Nations Paris Accord tentang Climate Change.

"Adapun mengenai penggunaan kendaraan listrik, Damri sangat terbuka untuk potensi kerja sama dengan para mitra kerja dan pemangku kepentingan lainnya," tutup Sidik.

Baca Juga: Damri sediakan armada bus untuk dukung ajang WSBK di Mandalika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×