kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,53   6,07   0.66%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Damri Terlibat Dalam Pemberangkatan Lebih dari 175.000 Calon Jemaah Haji Tahun Ini


Jumat, 17 Juni 2022 / 11:08 WIB
Damri Terlibat Dalam Pemberangkatan Lebih dari 175.000 Calon Jemaah Haji Tahun Ini
ILUSTRASI. Bus Damri seri Royal Class untuk angkutan antar kota antar provinsi atau AKAP.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perum Damri melalui layanan Angkutan Jamaah Haji melaksanakan pemberangkatan sebanyak lebih dari 175.000 calon jamaah haji yang terdiri dari 227 kloter. Layanan Angkutan Haji DAMRI bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Ayuberga.

“Damri mengerahkan sebanyak 145 armada bus dan 30 unit truk box bagi pelaksanaan angkutan haji tahun ini,” ujar Plt. Corporate Secretary Damri Siti Inda Suri dalam siaran pers, Jumat (17/6).

Di tahun ini, sebanyak lebih dari 10 kantor cabang Damri ikut berpartisipasi dalam melayani pemberangkatan Angkutan Jamaah Haji. Di antaranya yaitu cabang Bandara Soekarno-Hatta, Banda Aceh, Padang, Jakarta, Makassar, Mataram, Samarinda, Banjarmasin, Yogyakarta, Palembang, Surabaya, dan Medan.

Baca Juga: 6 Rukun Haji yang Harus Dipatuhi Agar Ibadah Sah

Berikut ini proses embarkasi jamaah haji 2022 di lebih dari 10 daerah dengan armada Damri:

1.    Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta)

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara embarkasi untuk area Jakarta dan sekitarnya. Embarkasi Jakarta memiliki jumlah jamaah haji terbanyak, yakni 58.266 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Pondok Gede.

2.    Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang)

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin merupakan bandara embarkasi untuk area Palembang dan sekitarnya. Embarkasi Pelembang memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 7.446 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Palembang.

3.    Bandara Internasional Adi Sumarno (Yogyakarta)

Bandara Internasional Adi Sumarno merupakan bandara embarkasi untuk area Yogyakarta dan sektiarnya. Embarkasi Yogyakarta Memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 30.954 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Solo.

Baca Juga: Perum Damri Ajukan PMN Rp 866,8 Miliar untuk Tahun 2023

4.    Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Makassar)

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Makassar dan sekitarnya. Embarkasi Makassar memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 14.472 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Makassar.

5.    Bandara Internasional Kualanamu (Medan)

Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Medan dan sekitarnya. Embarkasi Medan memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 7.684 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Medan.

6.    Bandara Internasional Juanda (Surabaya)

Bandara Internasional Juanda merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Surabaya dan sekitarnya. Embarkasi Surabaya memiliki jumlah jemaah haji sebanyak 33.648 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Surabaya.

7.    Bandara Internasional Minangkabau (Padang)

Bandara Internasional Minangkabau merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya. Embarkasi Padang memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 5.298 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Padang.

8.    Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (Balikpapan)

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sepinggan merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Balikpapan dan sekitarnya. Embarkasi Balikpapan memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 5.278. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Balikpapan.

Baca Juga: Bus Damri Angkut 700.000 Pelanggan pada Periode Lebaran Idul Fitri 2022

9.    Bandara Internasional Syamsudin Noor (Banjarmasin)

Bandara Internasional Syamsudin Noor merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Banjarmasin dan sekitarnya. Embarkasi Banjarmasin memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 5.014. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Banjarmasin.

10.    Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok (Lombok)

Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Lombok dan sekitarnya. Embarkasi Lombok memiliki jumlah jemaah haji sebanyak 4.156 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Lombok.

11.    Bandara Internasional Iskandar Muda (Banda Aceh)

Bandara Internasional Iskandar Muda merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Banda Aceh dan sekitarnya.  Embarkasi Banda Aceh memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 4.046 orang. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Banda Aceh.

Siti Inda Suri menambahkan, proses imigrasi, cek kesehatan, dan keamanan calon jamaah haji akan dilaksanakan di asrama haji di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Jakarta Bertolak ke Arab Saudi

Pemberangkatan jamaah haji 2022 sudah dilaksanakan sejak 4 Juni 2022 dan akan terus berlangsung hingga 3 Juli 2022. Adapun proses pemulangan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 15 Agustus 2022.

“Perum Damri bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen untuk terus mendukung kelancaran peserta jamaah haji dalam pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji 2022,” tandas dia.

Kebijakan penyelenggaraan Angkutan Jemaah Haji tahun 2022 (1443 H) yang dilayani Damri ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan kepada pengguna jasa layanan transportasi Damri, khususnya calon jamaah haji maupun barang bawaannya secara tertib, aman, cepat, nyaman, dan selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×