kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Data center XL diakuisisi, XL Axiata akan fokus bisnis telekomunikasi


Senin, 08 Juli 2019 / 17:44 WIB
Data center XL diakuisisi, XL Axiata akan fokus bisnis telekomunikasi

Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Princeton Digital Group (PDG), investor, pengembang dan operator infrastruktur internet berbasis di Singapura yang didukung oleh Warburg Pincus, telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi 70% kepemilikan pada portofolio bisnis layanan Data Center PT XL Axiata Tbk (EXCL, anggota indeks Kompas100 ini,).

Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan, dengan akuisisi itu, maka pihaknya bisa lebih berfokus pada bisnis telekomunikasi data dan seluler. “Sementara teknologi dan pengelolaan data center akan ditangani lebih profesional dengan adanya joint venture tersebut,” katanya kepada Kontan.co.id pada Senin (8/7).


Dian sendiri yakin, bahwa pasar layanan data center ke depan bakal berkembang pesat seiring dengan perkembangan digitalisasi. Nah, untuk itu, adanya joint venture dengan PDG diyakini Dian sebagai jurus ampuh untuk menaklukan pasar.

Dian juga optimis bahwa PDG bisa mengelola bisnis data center lebih profesional dan XL Axiata bisa lebih fokus pada bisnis utamanya. Saat ini, XL Axiata memiliki lima data center berkualitas tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelumnya dalam siaran pers, Joint Venture yang dinamakan Princeton Digital Group Data Centres, akan mendukung eksistensi strategis PDG di Indonesia yang diyakini sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Perusahaan ini akan menjadi operator data center dengan kemampuan bertumbuh secara signifikan untuk melayani perusahaan hyperscalers, unicorn domestik, korporasi, dan perusahaan telekomunikasi dengan komitmen pertumbuhan modal US$ 100 juta.

PDG juga bermaksud untuk memperbesar kapasitas data center yang sudah ada serta membangun satu data center hyperscale di akhir tahun ini.




TERBARU

Close [X]
×