Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
TANGERANG. PT Nissan Motor Indonesia (NMI), selaku agen pemegang merek LCGC Datsun, mengatakan penjualan mobil merek Datsun di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2016 sudah melebihi tahun lalu.
Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia mengatakan, sampai Sabtu (20/8) penjualan Datsun sudah terjual 170 unit. Sedangkan tahun lalu hanya 150 unit. "60% dari produk MPV dan 40% dari Hatchback," kata Indriani kepada KONTAN, Minggu (21/7).
Saat ini, Datsun telah memasarkan dua model, yakni hatchback Go Panca serta multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca. Keduanya diluncurkan pada 2014 lalu. Dalam ajang ini, Datsun Indonesia juga memperkenalkan Go-Cross Concept. Hanya saja, Datsun masih belum mengungkapkan waktu produksi dari Go-Cross masuk ke Indonesia.
Indriani mengatakan, sebenarnya target market Datsun bukan di GIIAS 2016, namun lebih kepada masyarakat yang tinggal di luar Jabodetabek. Saat ini menurutnya 60% penjualan Datsun ada di luar Jawa. "Seperti potensi penjualan Datsun di Sumatera besar karena brand kami sudah dikenal di sana," kata Indriani.
Dari catatan KONTAN sebelumnya, tahun ini, Datsun membidik kenaikan penjualan agar pangsa pasar naik menjadi 20%, dari pangsa pasar LCGC tahun lalu 17,8%. Merujuk data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan ritel Datsun pada tahun 2015 tercatat 29.358 unit, naik dari realisasi tahun 2014 sebanyak 17.344 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News