kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di Erajaya, ponsel Samsung masih menjadi jawara


Kamis, 21 November 2019 / 13:22 WIB
Di Erajaya, ponsel Samsung masih menjadi jawara
ILUSTRASI. Model menunjukkan samrtphone seri terbaru Samsung di Indonesia, Galaxy S10, saat peluncurannya di Jakarta, Rabu (6/3/2019). Kehadiran seri terbaru Samsung Galaxy S10 mepertegas posisinya sebagai pemimpin inovasi di industri smartphone, seri flagship ini h


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski firma riset pasar IDC menyebut bahwa ponsel Samsung berada di posisi tiga di pasar smartphone Indonesia (berdasar pengiriman Q3-2019), namun perusahaan distributor elektronik, Erajaya menyebut bahwa ponsel Samsung masih yang paling diminati oleh konsumen. 

Menurut Djatmiko Wardoyo, Marketing Director Erajaya, ponsel-ponsel Samsung saat ini jadi yang paling laris terjual di jaringan toko Erafone. Djatmiko mengatakan hal tersebut disebabkan ponsel Samsung memiliki nilai tambah yang berbeda dengan brand lain. 

Baca Juga: Trump mempertimbangkan pembebasan tarif impor bagi Apple

"Bahkan, penjualan Samsung selama kuartal tiga (Q3 2019) adalah yang tertinggi di tahun ini," kata Djatmiko melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Kamis (21/11). 

Ia menilai, selain fitur yang ada pada ponsel Samsung, layanan purna jual pun menjadi salah satu keunggulan yang membedakan brand asal Korea Selatan itu dengan merek lain. Hal itulah yang kemudian menurut pria yang akrab disapa Koko itu, membuat konsumen percaya pada Samsung sebagai ponsel pilihan utama. 

"Selain inovasi baru Samsung, seperti fitur super steady, NFC, dan baterai yang tahan lama, layanan purna jual Samsung yang luas, mudah diakses, dan cepat juga menjadi kunci dari kekuatan Samsung di pasar Indonesia," lanjut Djatmiko. 

Baca Juga: Menguasai pangsa pasar terbesar, begini strategi OPPO Indonesia

Sebelumnya, hasil penelitian firma riset GfK pun menunjukkan hal serupa. GFK melakukan penelitian pada sejumlah distributor besar di Indonesia dan menghitung jumlah ponsel yang terjual kepada konsumen. 

Menurut data yang diterima KompasTekno, GfK mencatat smartphone Samsung masih menjadi merek yang paling banyak dibeli selama kuartal ketiga (Q3) tahun 2019 ini. Dari total keseluruhan ponsel yang terjual di Tanah Air, sebanyak 42% di antaranya adalah merek Samsung. 

Sementara riset sebelumnya yang dilakukan IDC, dikatakan bahwa Samsung tersungkur oleh duo vendor asal China yang mengambil alih posisi pertama dan kedua di Q3 2019. Perbedaan hasil riset tersebut disebabkan objek penelitian yang berbeda. 

Baca Juga: Tekan biaya untuk bersaing dengan produsen ponsel murah, Samsung produksi di China

IDC melakukan penelitian dengan menghitung jumlah pengapalan dan bukan jumlah ponsel yang dibeli oleh konsumen. Jumlah pengapalan sendiri adalah angka total unit ponsel yang dikirimkan vendor (perusahaan) kepada distributor. 

Sementara GfK menghitung jumlah ponsel yang dibeli konsumen melalui distributor tersebut. Artinya riset GfK merupakan representasi dari jumlah nyata ponsel yang dimiliki konsumen di Indonesia. (Yudha Pratomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ponsel Samsung Jadi yang Terlaris di Gerai Erajaya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×