kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.175.000   4.000   0,18%
  • USD/IDR 16.742   -34,00   -0,20%
  • IDX 8.099   58,67   0,73%
  • KOMPAS100 1.123   8,34   0,75%
  • LQ45 803   6,91   0,87%
  • ISSI 282   2,37   0,85%
  • IDX30 422   3,62   0,87%
  • IDXHIDIV20 480   0,21   0,04%
  • IDX80 123   1,39   1,14%
  • IDXV30 134   0,51   0,38%
  • IDXQ30 133   0,20   0,15%

Didominasi Pembeli Milenial, Penjualan Mobil Bekas JBA Naik 38% pada Semester I-2025


Jumat, 26 September 2025 / 15:50 WIB
Didominasi Pembeli Milenial, Penjualan Mobil Bekas JBA Naik 38% pada Semester I-2025
ILUSTRASI. PT Adi Sarana Armada Tbk (“ASSA”) emiten yang bergerak di bidang mobilitas logistik dan penunjangnya, memperkuat digitalisasi jual beli kendaraan bekas melalui anak usahanya PT Autopedia Sukses Lestari (ASL) dengan mengembangkan aplikasi digital JBA Indonesia (Balai Lelang Otomotif), Caroline.id (Jual Beli Mobil dan Test Drive Gratis), Cartalog (Jual Beli Mobil dan Pricing Engine) yang bisa diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store. JBA Indonesia berhasil membukukan pertumbuhan penjualan mobil bekas sebesar 38% year-on-year (yoy) pada semester I-2025.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT JBA Indonesia mencatat kinerja positif sepanjang Semester I 2025. Perusahaan lelang kendaraan tersebut berhasil membukukan pertumbuhan penjualan mobil bekas sebesar 38% year-on-year (yoy) dibandingkan periode sama tahun lalu, dengan sold ratio mencapai lebih dari 22%.

Menurut Johan Wijaya, Sales & Marketing Division Head JBA Indonesia, capaian ini sekaligus mencerminkan pergeseran profil konsumen di pasar kendaraan bekas. Generasi X masih mendominasi dengan kontribusi 57% pembeli, namun generasi milenial telah menembus lebih dari 30% dan terus menunjukkan tren kenaikan.

Baca Juga: Perjalanan VinFast, dari Vietnam ke Industri Mobil Global

“Kontribusi generasi milenial terus meningkat, bahkan pembeli baru dari kelompok ini naik 12% dibandingkan tahun lalu. Generasi Z juga tumbuh hampir 50%, meski porsinya masih relatif kecil,” ujar Johan kepada Kontan, Jumat (26/9).

Dari sisi preferensi, segmen mobil MPV dan LCGC masih menjadi primadona. Toyota Avanza tercatat sebagai model paling banyak dilelang, diikuti Daihatsu Sigra, Toyota Calya, dan Toyota Innova. Selain itu, kendaraan roda dua yang paling diminati meliputi Honda BeAT, Honda Scoopy, Yamaha NMAX, Yamaha Gear, dan Yamaha Aerox.

JBA juga mencatat peningkatan penjualan kendaraan niaga yang menyumbang lebih dari 10% dari total unit roda empat yang dilelang pada paruh pertama tahun ini. Model terbanyak di antaranya Mitsubishi L300 PU FB-R, Mitsubishi Canter FE 75 SHDX N, Mitsubishi Colt Diesel FE 71, Isuzu Traga 2.5, serta Mitsubishi FE 74 HD N.

Dengan kinerja tersebut, JBA optimistis dapat mencapai target penjualan lebih dari 55.000 unit mobil bekas hingga akhir tahun 2025. Hingga pertengahan tahun, perusahaan telah merealisasikan lebih dari 50% target tersebut.

“Pasar kendaraan bekas menunjukkan tren positif. Kami optimis target penjualan tahun ini bisa tercapai seiring meningkatnya minat konsumen lintas generasi, khususnya dari kalangan milenial,” pungkas Johan.

Baca Juga: Gaikindo Prediksi LCGC Mampu Bertahan dari Persaingan dengan Mobil Listrik

Selanjutnya: Promo Superindo Hari Ini 26-28 September 2025, Es Krim Cornetto Mini Diskon 30%

Menarik Dibaca: Promo Superindo Hari Ini 26-28 September 2025, Es Krim Cornetto Mini Diskon 30%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×