Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) mampu membalikkan rugi menjadi laba ketika pendapatan masih tertekan. Sepanjang periode sembilan bulan 2025, DMMX meraih laba bersih sebesar Rp 28,65 miliar.
Pada periode yang sama tahun lalu, DMMX masih menanggung rugi bersih sebesar Rp 46,39 miliar. Perbaikan bottom line ini justru terjadi saat pendapatan neto DMMX terpangkas 46,07% secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp 912,46 miliar menjadi Rp 492,01 miliar hingga September 2025.
Pada periode yang sama, DMMX bisa menekan beban pokok pendapatan sebanyak 50,38% (yoy) menjadi Rp 422,97 miliar. Hasil ini mendongkrak perolehan laba bruto DMMX sebanyak 14,99% (yoy) dari Rp 60,03 miliar menjadi Rp 69,03 miliar.
Baca Juga: Digital Mediatama Maxima (DMMX) Dirikan Perusahaan Patungan dengan Muhammadiyah
Perbaikan signifikan juga terjadi dari pos laba investasi. DMMX berbalik membukukan laba investasi jangka pendek yang belum teralisasi sebesar Rp 6,19 miliar hingga kuartal III-2025.
Sebagai perbandingan, pada periode yang sama tahun lalu, DMMX mencatatkan rugi investasi jangka pendek yang belum terealisasi sebesar Rp 64,66 miliar. Hasil ini mendorong perbaikan posisi bottom line DMMX pada periode sembilan bulan pertama 2025.
Direktur Utama Digital Mediatama Maxima, Budiasto Kusuma membeberkan bahwa secara bisnis, pendapatan DMMX ditopang oleh pertumbuhan di segmen bernilai tambah tinggi. Meliputi penjualan perangkat keras (+48,7% YoY), layanan Infrastructure-as-a-Service (+21,7% YoY), serta lonjakan platform advertising exchange (+304,4% YoY).
Baca Juga: Intip Strategi Digital Mediatama (DMMX) Kejar Kinerja Dobel Digit di Semester II-2025
Kombinasi dari hasil tersebut mendongkrak perolehan margin laba kotor DMMX dari sebelumnya 6,6% menjadi 14%. Budiasto menambahkan, keberhasilan DMMX membalikkan rugi yang belum terealisasi dari investasi menjadi laba, telah memperkuat posisi DMMX sebagai perusahaan teknologi yang semakin efisien dan berorientasi profit.
“Capaian positif ini membuktikan bahwa strategi kami untuk memperkuat efisiensi, inovasi teknologi, dan fokus pada segmen bernilai tinggi mulai menunjukkan hasil nyata,” ujar Budiasto melalui keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (23/10/2025).
Budiasto mengungkapkan bahwa sepanjang periode sembilan bulan 2025, DMMX terus memperluas jangkauan ekosistem digital. Hingga akhir September, DMMX mengoperasikan sebanyak 28.780 layar digital (+0,8% YoY) di 15.435 lokasi (+1,9% YoY) di seluruh Indonesia.
Jumlah anggota trade marketing juga meningkat menjadi 169.997 (+3,3% YoY). Dengan biaya operasional yang efisien di level Rp 40,5 miliar, DMMX berhasil mencatat laba operasional Rp 28,57 miliar atau tumbuh 38,89% (YoY).
“Kami optimistis dapat menutup tahun 2025 dengan performa yang solid dan berkelanjutan, seiring meningkatnya permintaan terhadap solusi digital komprehensif di berbagai sektor," tandas Budiasto.
Selanjutnya: Axioo Hype R X8 OLED Ditenagai prosesor AMD Ryzen Resmi Meluncur
Menarik Dibaca: Cara Cerdas Mengelola Keuangan UMKM biar Makin Cuan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













