kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dirut Pertamina: Penambahan subholding bukan rencana tiba-tiba


Senin, 15 Juni 2020 / 21:10 WIB
Dirut Pertamina: Penambahan subholding bukan rencana tiba-tiba
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati bersiap mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2019). RDP tersebut membahas distribusi BBM dan LPG. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) memastikan restrukturisasi di jajaran manajemen, termasuk penambahan subholding baru merupakan rencana yang sudah dipikirkan matang sejak jauh-jauh hari.

Sebagai informasi, melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) beberapa hari lalu, Pertamina melakukan transformasi dengan menambah sejumlah subholding baru.

Baca Juga: Pertamina angkat Fadli Rahman berusia 33 tahun jadi Komisaris Subholding Hulu

Kini, terdapat lima subholding yang telah dibentuk, antara lain Upstream Subholding yang operasionalnya dipegang oleh PT Pertamina Hulu Energi, Gas Subholding (PT Perusahaan Gas Negara Tbk), Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional), Power & NRE Subholding (PT Pertamina Power Indonesia), dan Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga).

Pertamina juga memiliki Shipping Company yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina International Shipping.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, penambahan subholding di tubuh Pertamina bukan rencana yang datang secara tiba-tiba. Ia menyebut, sejak akhir 2016 lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menyusun program restrukturisasi BUMN yang hasilnya diserahkan ke Komisi VI DPR RI.

Pemerintah pun menyusun suatu buku putih untuk holding migas. Kemudian, di tahun 2018 silam terbentuklah Subholding Gas yang menyatukan Pertamina, PGN, dan Pertagas. Akhirnya, di pertengahan tahun ini tambahan subholding lainnya berhasil dibentuk oleh Pertamina.

Baca Juga: Ini ikhtiar Pertamina kembangkan bahan bakar dari sumber energi terbarukan

“Jadi ini semacam cerita bersambung. Keberadaan pandemi Covid-19 hanya untuk mempercepat langkah saja,” ungkap Nicke dalam diskusi virtual, Senin (15/6).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×