Reporter: Asnil Bambani Amri, Benediktus Krisna Yogatama, David Oliver Purba | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Ada banyak cara untuk mendongkrak penjualan mobil. Mulai dari memperbanyak diler, menggelar diskon sampai merombak penampilan mobil alias facelift. Namun, perubahan penampilan luar saja ternyata tak cukup, butuh terobosan baru agar facelift lebih berbobot.
Seperti yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan brand Xenia. Daihatsu meluncurkan wajah baru atawa facelift Daihatsu Xenia dengan nama Great New Xenia. Berbeda dengan facelift sebelumnya, pada facelift kali ini, Daihatsu melakukan banyak perubahan sampai ke jeroan mesinnya.
Mulai dari mengubah interior dan eksterior, Great New Xenia juga mengusung dapur pacu anyar, yakni mesin berkapasitas 1,3 Liter 1NR berteknologi Dual VVT-i. Mesin ini diklaim menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar dengan konsumsi bahan bakar lebih efisien ketimbang mesin versi sebelumnya.
"Kami percaya Great New Xenia meneruskan keberhasilan generasi Xenia sebelumnya sebagai mobil keluarga yang paling cocok untuk masyarakat Indonesia," kata Sudirman MR, Presiden Direktur ADM dalam pernyataan tertulisnya Rabu (12/8).
Daihatsu memamerkan produk baru ini di hajatan Gaikindo International Indonesia Motor Show (GIIAS) 2015, yang berlangsung 20 - 30 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan.
Perubahan mayor yang dilakukan Daihatsu diantaranya melengkapi fitur keamanan seperti dual SRS airbag, front seat belt with pretensioner & force limiter, new side impact beam, new window jam protection, rear parking sensor, serta immobilizer (tipe R, R Sporty), new corner sensor (tipe R Sporty, X Deluxe). Untuk urusan dapur pacu, Great New Xenia menawarkan, mesin berkapasitas 1300 cc dan 1000 cc.
Memang tampilan wajah baru tak cukup untuk menggenjot penjualan. Konsumen membutuhkan pemanis seperti diskon agar menambah minat untuk membeli.
"Kalo ada diskon pasti laku, tapi kalo hanya merubah tanpa melakukan apa apa akhirnya sama saja penjualannya," Direktur Suzuki 4W Marketing-Dealer Netork Development PT Suzuki Indomobil Sales, Davy Tulian. Hanya saja Davy tak memerinci berapa besar rata-rata diskon yang diberikan kepada konsumen yang ingin membeli produk mobil Suzuki.
Pun demikian, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu menilai, ada yang tak kalah penting dari diskon yakni layanan dan kemudahan untuk mengakses kredit atau pembiayaan. Untuk itu, Daihatsu mempersiapkan 217 diler di seluruh Indonesia. Ada rencana, tahun ini Daihatsu akan menambah diler menjadi 220 diler di seluruh Indonesia. "Kami punya banyak kerjasama dengan lembaga pembiayaan untuk mempermudah pelanggan," kata Amelia.
Selain itu, Daihatsu juga memberikan alternatif produk lebih banyak kepada konsumen. Misalnya dengan melakukan penyegaran produk seperti Sirion dan Terios yang dilakukan sejak awal tahun.
Di pangsa pasar mobil murah ramah lingkungan atau dikenal dengan low cost green car (LCGC) Daihatsu masih memiliki andalan Ayla. Penjualan mobil jenis ini tak kalah kencang dibandingkan dengan Xenia dan produk LCGC dari produsen lain. "Bisa 3.000 unit per bulan," katanya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News