CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Dongkrak bisnis kedai kopi pemula, Toffin Indonesia luncurkan mesin kopi Allegra


Rabu, 06 Oktober 2021 / 10:29 WIB
Dongkrak bisnis kedai kopi pemula, Toffin Indonesia luncurkan mesin kopi Allegra
Mesin kopi Allegra dari Toffin Indonesia.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Toffin Indonesia meluncurkan mesin kopi dengan harga yang relatif terjangkau untuk mendorong pertumbuhan industri kopi. Toffin memperkenalkan mesin kopi murah bermerek Allegra.

Sales Manager Toffin Indonesia Indah Novyanti menjelaskan, Allegra terdiri dari tiga tipe yakni Allegra Uno untuk single group, Allegra Doppia untuk double group, dan tipe tertinggi Allegra Lyra.

Peluncuran mesin kopi terbaru ini diharapkan mampu membantu pemilik usaha mewujudkan bisnis kedai kopi pemula (coffee shop start-up).

Menurut Indah, mesin kopi menjadi "jantung" dalam operasional kedai kopi. Untuk menghadirkan mesin kopi berkualitas, pemilik usaha harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Alhasil, salah satu kendala untuk membangun bisnis kedai kopi adalah mahalnya sebuah harga mesin kopi.

Baca Juga: Toffin Indonesia luncurkan platform digital pengembangan & pelatihan bisnis kopi

"Banyak di antara mereka yang akhirnya mencari mesin murah dengan mengorbankan kualitas. Allegra adalah sebuah jawaban akan produk yang murah tapi memiliki fitur yang komersil,”ujar Indah dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (5/10).

Indah menerangkan, untuk Allegra Uno, mesin satu grup ini memiliki heat exchanger boiler, yang memudahkan barista untuk menjadi multitalenta saat bekerja. Dengan pump vibration dan water tank 3 liter, mesin kopi ini cocok untuk membangun kedai kopi berkonsep to-go atau minimalis.

"Jika dibandingkan dengan mesin espresso dengan harga di bawahnya, Allegra Uno memiliki kualitas mesin yang sangat jauh di atasnya," tambah Indah.

Sementara dengan mesin espresso yang ada di atasnya, Allegra Uno memiliki spek yang setara dengan harga yang lebih ramah. Allegra Uno dibanderol dengan harga Rp. 19.000.000,- per unit dan mampu membuat kopi lebih dari 50 gelas selama 12 jam operasional.

Selanjutnya, Allegra Doppia, yang memiliki teknologi pre-infusion, brewing system volumetric dan pump rotary.  Mesin ini juga dilengkapi dengan double boiler sehingga kualitas espresso tetap terjaga.

Dengan bentuk yang minimalis dan hemat tempat, mesin espresso ini bisa muat di mana saja serta mampu membuat kopi lebih banyak. Allegra Doppia dibanderol dengan harga Rp 33.500.000,- per unit.

Lalu, Allegra Lyra, yang menjadi tipe tertinggi dari Allegra. Mesin kopi ini memiliki keunggulan emergency button, serta lampu di kedua sisi yang bisa membuat mesin espresso terlihat elegan serta mewah.

Allegra Lyra menjadi andalan coffee shop specialty yang butuh mesin kopi terjangkau tapi dengan penampilan yang di atas mesin sekelasnya.

Indah mengklaim, ada empat keuntungan lain yang didapatkan apabila memilih mesin Allegra. Pertama, mesin ini dibuat di Italia yang terkenal akan kualitas mesin kopinya. Kedua, adanya jaminan garansi dan suku cadang selama satu tahun dari Toffin.

Ketiga, pemilik usaha akan mendapatkan pelatihan barista dan pengembangan menu secara gratis. Keempat, pemilik usaha berkesempatan mendapatkan harga spesial berupa paket bundling dengan mesin penggiling kopi.

Sementara itu, Viki Rahardja selaku coffee influencer menuturkan bahwa mesin kopi murah mampu membangkitkan kembali geliat bisnis kedai kopi di Indonesia. Dengan ukurannya yang minimalis, Allegra Uno dan Doppia cocok digunakan terutama untuk pemilik usaha yang ingin bergabung dengan cloud kitchen.

Pemilik usaha bisa menjalankan bisnis tanpa mengandalkan gerai fisik. Mereka hanya perlu hadir di berbagai platform delivery online hingga e-commerce yang memiliki jaringan luas.

“Di masa pandemi banyak kedai kopi yang mulai mengecangkan ikat pinggang untuk menekan biaya operasional. Mesin Allegra mampu menjadi alternatif pilihan untuk merintis usaha tanpa harus mengeluarkan biaya dan tempat yang besar,” ungkap Viki.

Baca Juga: Toffin Indonesia gelar festival Urban Coffee & Tea pertama di Indonesia

Dilansir dari Grab Next, di tahun 2020 pemesanan kopi dan teh saat sarapan tumbuh 20%. Sementara kopi susu dan kopi susu gula aren jadi favorit di jam makan siang hingga sore. Kopi susu bahkan tetap menjadi minuman favorit di malam hari.

Adapun PT Toffin Indonesia sendiri merupakan perusahaan penyedia solusi bisnis berupa produk dan jasa di sektor horeca (hotel, restoran, kafe) yang mendistribusikan dan memasarkan merek-merek berkelas seperti: mesin espresso, perlengkapan manual brew, grinder (penggiling kopi), water filtration, mesin gelato, mesin ice cream, hingga bahan baku untuk campuran minuman seperti sirup, powder, gula aren, hingga topping.

Seiring perkembangan industri, model bisnis Toffin pun berubah menyesuaikan tren dan permintaan pasar serta menawarkan solusi bisnis antara lain Business Consultation, Menu Development, Product Training, dan After Sales Service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×