kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong proyek smelter, Freeport teken kerjasama fasilitas pelabuhan di JIIP Gresik


Senin, 06 September 2021 / 17:04 WIB
Dorong proyek smelter, Freeport teken kerjasama fasilitas pelabuhan di JIIP Gresik
ILUSTRASI. Dorong proyek smelter, Freeport Indonesia teken kerjasama fasilitas pelabuhan di JIIPE Gresik.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) operator Pelabuhan Laut JIIPE Manyar yang merupakan afiliasi PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) baru saja menandatangani perjanjian fasilitas pelabuhan di Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) pada 3 September 2021.

Manajemen AKRA dalam keterangan tertulis menyebutkan, nantinya PTFI bakal menggunakan fasilitas dermaga pelabuhan yang akan dibangun BMS untuk bongkar muat barang PTFI secara eksklusif termasuk pemasangan peralatan untuk mendukung kegiatan bongkar muat kapal PTFI.

Freeport sedang membangun smelter dan kilang tembaga serta infrastruktur pendukung termasuk listrik, oksigen, air dan pengolahan limbah, jalur konveyor dan pipa serta dermaga PTFI, untuk memproses konsentrat tembaga dan menghasilkan katoda tembaga juga produk sampingannya. Kilang logam mulia Freeport yang akan dibangun harus mengolah anoda slime yang dihasilkan smelter dan kilang sebagai produk sampingan dari pengolahan konsentrat tembaga.

Baca Juga: Analis kompak rekomendasikan beli saham AKR Corporindo (AKRA)

Untuk mendukung pengoperasian fasilitas tersebut BMS akan membangun struktur dermaga untuk PTFI, yang di antaranya terdiri dari jetty, piers, trestle, bridge dan seawater intake building pada area reklamasi BMS yang telah selesai dibangun. BMS juga harus mengoperasikan dermaga PTFI untuk menangani semua kapal PTFI untuk proyek smelter.

Adapun perjanjian ini berlaku untuk 40 tahun dimana BMS akan memberikan hak ekslusif pada PTFI untuk menggunakan dan mengakses infrastruktur BMS selama periode tersebut untuk mendukung pembangunan dan pengoperasian proyek Smelter Tembaga dan Kilang Logam Mulia di KEK JIIPE Gresik.

"Kami telah mengambil langkah besar lainnya dalam mempererat hubungan antara JIIPE dan PTFI. Kami bekerja sama untuk memastikan penyelesaian proyek PTFI tepat waktu dan kelancaran operasi komersialnya," ujar Direktur Utama AKRA Haryanto Adikoesoemo dalam keterangan resmi, Senin (6/9).

Haryanto melanjutkan, konektivitas adalah salah satu kekuatan kompetitif utama KEK JIIPE Gresik. Pelabuhan yang JIIPE miliki merupakan yang terdalam di Jawa Timur dengan draft -16 LWS, memiliki 4 dermaga multifungsi dengan tambatan 6.200 meter, yang diharapkan mampu melayani kapal-kapal besar dengan muatan lebih dari 100.000 DWT. Akses laut, jalan tol, dan kereta api menghubungkan JIIPE dengan pasar internasional dan domestik. 

Selanjutnya: Freeport teken perjanjian sewa tanah untuk pabrik smelter dengan AKR Corporindo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×