kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,93   -18,79   -2.03%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi Pulih, Pebisnis Bioskop Bakal Terus Menambah Layar Baru


Rabu, 10 April 2024 / 14:05 WIB
Ekonomi Pulih, Pebisnis Bioskop Bakal Terus Menambah Layar Baru
ILUSTRASI. Pekerja menyapu lantai Bioskop XXI di Grand City Mall Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/9/2021). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.


Reporter: Dimas Andi, Sabrina Rhamadanty | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, bisnis bioskop kembali menggeliat. Potensi bisnis ini yang terus berupaya ditangkap para pebisnis bioskop untuk terus berekspansi di tahun ini.

PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) atau CGV Cinemas menilai, industri bioskop Indonesia sudah memasuki proses pemulihan untuk kembali ke performa sebelum pandemi. 

Hal ini seiring dengan pemulihan ekonomi dan daya beli masyarakat yang didukung oleh bertambahnya line up film yang ditayangkan dan jumlah penonton, sehingga performa bisnis bioskop pada akhirnya juga meningkat.

 Komisaris Utama Graha Layar Prima Bratanata Perdana menjelaskan, bisnis bioskop yang dijalankan CGV Cinemas jelas memiliki prospek yang cerah pada masa mendatang. Potensi bisnis bioskop pun masih sangat besar, mengingat Indonesia memiliki rasio layar bioskop terhadap jumlah penduduk yang sangat kecil.

Jumlah layar per 100.000 penduduk di Indonesia berada di level sekitar 0,76. Di sisi lain, negara-negara tetangga seperti Thailand memiliki rasio layar bioskop lebih tinggi yakni sekitar 1,7, Malaysia 3,6, dan Singapura 4,6.

“Masih banyak kota di Indonesia yang belum memiliki bioskop, sehingga bisnis bioskop di Indonesia masih memiliki ruang untuk pertumbuhan yang besar,” kata Brata beberapa waktu lalu.

CGV Cinemas jelas akan terus berekspansi di Indonesia. Pada 2023 lalu, CGV Cinemas telah membuka 3 lokasi baru dengan total 14 layar. Adapun saat ini, CGV Cinemas hadir di 64 lokasi dengan 422 layar di seluruh Indonesia.

 Perbedaan CGV Cinemas dengan jaringan bioskop lainnya adalah konsep yang diusung perusahaan yakni Culturplex. Lewat konsep ini, CGV Cinemas tidak hanya menawarkan tempat untuk menonton film, melainkan juga tempat bagi pengunjung untuk menikmati berbagai ragam kegiatan hiburan dan seni, seperti konser musik, gala premier, hingga tempat untuk bermain dan berolahraga.

Selain itu, CGV Cinemas juga menyediakan banyak pilihan auditorium untuk penonton. Mulai dari Private Box yang dapat disewa oleh penonton untuk menonton film secara eksklusif di ruang privat, 4DX untuk pengalaman menonton yang imersif dengan berbagai efek, ScreenX dengan layar 270 derajat, Gold Class untuk pengalaman menonton premium dengan menggunakan full-reclining seat yang dilengkapi dengan footrest, hingga Velvet Class untuk pengalaman menonton di sofa bed.

Sementara itu, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk atau Cinema XXI (CNMA) jua berencana terus berkspansi pada tahun ini. Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur Keuangan Cinema XXI Tri Rudy Anitio menyatakan, Cinema XXI menyiapkan belanja modal tahun 2024 sekitar Rp775 miliar untuk ekspansi bisnis, termasuk pembangunan bioskop dan penambahan sekitar 100 layar yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia pada tahun 2024.

"Strategi Cinema XXI akan berfokus pada pengelolaan aset dan liabilitas yang lebih produktif, pengembangan bisnis F&B yang lebih bervariasi, dan implementasi prinsip-prinsip ESG dalam berbagai lini usaha untuk mewujudkan komitmen kami dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan," jelasnya.

Anitio menyampaikan optimismenya terhadap perkembangan industri hiburan di Tanah Air, terutama sektor perbioskopan dan perfilman. Hal ini didukung oleh minat masyarakat dalam menonton film yang tinggi dan karenanya potensi pertumbuhan jumlah layar bioskop di Indonesia masih sangat besar. Cinema XXI berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman menonton terbaik dan tanpa kompromi dengan harga yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×