kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Empat trik sederhana memperluas ruang


Kamis, 29 September 2016 / 12:54 WIB
Empat trik sederhana memperluas ruang


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Saat ini kita dihadapkan dengan kenyataan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, lahan yang semakin sempit dan harga hunian yang kian melonjak. Mau tak mau, saat ini memiliki hunian berukuran luas jadi terasa agak berat dan sulit.

Tinggal dihunian yang tidak terlalu luas, layaknya apartemen tipe studio, kadang jadi pilihan yang harus diterima. Tapi jangan terlalu putus asa, ada beberapa trik yang dapat membuat ruangan sempit Anda jadi terasa lebih luas.

Untuk menghadapi keterbatasan ruang, Anda memang dituntut untuk menjadi lebih kreatif.. Berikut empat trik yang dapat Anda terapkan agar ruangan hunian Anda yang minimalis terlihat dan terasa menjadi lebih luas.

1. Pastikan Anda memilih furnitur dengan ukuran yang tepat

Saat dihadapkan dengan ruang sempit, yang petama Anda pikirkan tentu bagaimana

cara menghemat ruang dengan memilih furnitur berukuran kecil. Tapi ternyata itu

bukan solusi yang baik. Furnitur kecil akan membuat ruang Anda terasa makin kecil.

Hal yang harus Anda lakukan adalah, mengisi ruang Anda dengan perabotan berskala tepat. Hal ini akan membuat ruangan terasa lebih besar. Jadi bukan persoalan menghadirkan ukuran yang kecil, tapi cari yang skalanya paling tepat untuk ruangan Anda.

2. Pilih Warna Dinding yang Tepat

Cara lain untuk menarik perhatian mata adalah denga menghadirkan warna yang tepat pada dinding Anda. Menghadirkan warna yang tepat dapat menjadi cara yang bagus untuk membuat ruangan terasa lebih terbuka.

Memilih warna non-tradisional namun netral seperti abu-abu atau biru tua akan membuat ruang terasa kohesif tanpa menjadi membosankan.

3. Aksentuasi tinggi ruang

Trik lain selain menghadirkan furnitur berskala tepat adalah, bagaimana menarik mata atau pandangan untuk melihat ke sekitar ruang. Jadi jika Anda memiliki langit-langit tinggi, maksimalkanlah hal tersebut.

Ada beberapa cara untuk menonjolkan panjang vertikal ruang, tetapi salah satu yang terbaik adalah dengan menggantung tirai jendela setinggi yang Anda bisa. Menggantung tirai tepat di atas jendela akan membuat ruang jadi semakin kerdil.

Menggantung tirai setinggi mungkin akan menarik mata ke atas. Gunakan ruang vertikal kamar Anda untuk memperluas ruang visual.

4. Karya Seni

Karya seni layaknya lukis adalah bagian akhir yang Anda butuhkan untuk meningkatkan luas ruang Anda. Hal yang menarik dari karya seni adalah bagaimana ia dapat memengaruhi tampilan panjang dan tinggi dari ruang Anda sekaligus menambahkan keindahan di dinding.

Hadirkan galeri lukisan memanjang di dinding, dari yang kecil ke ukuran sedang untuk menonjolkan lebar kamar Anda. Atau hadirkan  satu-dua potong lukisan berukuran besar untuk dampak visual yang lebih besar yang membawa perhatian pada tinggi ruangan.

Sisi terbaik dari penggunaan lukisan, tidak seperti furnitur, menggunakan seni untuk memperluas visual ruang Anda tidak akan mengambil porsi ruangan pada lantai, sehingga Anda masih memiliki banyak ruang untuk bergerak .

(sumber : Rumahku.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×