kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tips cerdik dalam memilih atap rumah


Selasa, 27 September 2016 / 14:05 WIB
Ini tips cerdik dalam memilih atap rumah


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Coba bayangkan jika sebuah rumah tidak memiliki atap? Di mana para pemilik tetap kehujanan dan kepanasan meski berada di dalam rumah. Oleh sebab itu, tak heran jika atap dikatakan sebagai bagian rumah yang cukup krusial. 

Jika atap tidak didesain dengan sebagai mestinya, pemilik pun bakal lebih kerepotan di kemudian hari karena masih harus memperbaiki lagi atapnya akibat dari kebocoran yang disebabkan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui para pemilik rumah dalam memilih rancangan atap yang tepat. Mulai dari desain, hingga material yang cocok untuk sebuah rumah tinggal.

1.    Iklim Lokasi Rumah
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenal karakter iklim berdasarkan di mana lokasi rumah yang Anda miliki. Apakah di tempat dengan iklim yang ekstrem, curah hujan tinggi, di tempat panas seperti di kawasan Afrika, atau semacamnya.

2.    Desain dan Material Atap
Setelah mengetahui iklim cuaca yang kerap terjadi, selanjutnya adalah membuat desain dan memilih material atap yang sesuai dengan rumah Anda. Sebagai contoh jika lokasi rumah berada pada daerah dengan curah hujan yang cukup tinggi, maka Anda perlu membuat desain atap yang curam, agar air hujan lebih cepat jatuh ke tanah sehingga mengurangi risiko kebocoran.

Namun jika cuaca ekstrim, maka disarankan untuk memilih atap yang terbuat dari bahan yang relatif kuat, beton misalnya. Atau jika cuaca cenderung panas, atap tanah liat bisa menjadi pilihan, jangan atap berbahan metal. 

3.    Rangka Atap
Pemilihan rangka atap dilakukan setelah kita menentukan desain dan material atap yang akan dipilih. Misalnya jika kita ingin rangka atap dak yang terbuat dari beton, maka tak perlu lagi menggunakan rangka atap miring dari kayu.

Jika ingin rangka yang miring, maka rangka baja ringan bisa menjadi pilihan. Selain lebih ramah lingkungan, struktur baja ringan juga lebih kuat dari kayu dan tidak mudah lapuk atau rusak dimakan rayap.

4.    Instalasi
Mengingat proses instalasi (pemasangan) yang cenderung sulit, maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa ahli dalam memasang atap, baik itu saat pemasangan atap ataupun rangkanya. Jangan terperangkap oleh harga murah, pengerjaan yang baik dengan tawaran guarantee dalam waktu tertentu bisa menjadi opsi terbaik untuk kita yang tidak memahami benar soal pemasangan atap.

(sumber : Rumahku.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×