kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir bakal pangkas belanja modal PLN yang nilainya Rp 100 triliun


Jumat, 12 Juni 2020 / 18:49 WIB
Erick Thohir bakal pangkas belanja modal PLN yang nilainya Rp 100 triliun
ILUSTRASI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau pencegahan virus Corona (Covid-19) di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). melalui kegiatan pembersihan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yakni dengan melakukan penyemp


Reporter: Filemon Agung | Editor: Pratama Guitarra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memangkas belanja modal (capital expenditure/capex) PT Perusahaan Listrik Negara hingga 40%.

Erick menjelaskan, pemangkasan belanja modal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah menghadang permainan proyek.

"Karena kita tidak mau. Maaf tidak mau capex PLN sampai Rp 100 triliun. Kita tidak mau capexnya untuk main proyek," tegas Erick dalam konferensi pers, Jumat (12/6).

Jika tidak ada aral melintang, capex tersebut akan dipangkas sebesar 30% hingga 40%. "Jika ada pejabat PLN yang kedapatan bermain proyek harus siap terkena batunya," tandasnya.

Baca Juga: Pembangunan transmisi PLN di Kalimantan Barat terus berjalan walau ada pandemi corona Pembangunan transmisi PLN di Kalimantan Barat terus berjalan walau ada pandemi corona

Pengamat Ekonomi dan Energi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Fahmy Radhi menilai, Menteri Erick Thohir tidak berwenang memangkas capex PLN. Hal itu karena, yang berwenang menentukan pemangkasan capex ialah direksi dan jajaran komisaris PLN.

"Di samping itu, capex PLN tidak bisa dipangkas saat ini. Karena masih dibutuhkan untuk membangun pembangkit, transmisi, dan distribusi untuk mencapai 100% rasio elektrifikasi," tandasnya.

Baca Juga: Provinsi Jawa Timur jadi yang tertinggi penambahan kasus Covid-19 pada Jumat (12/6) Provinsi Jawa Timur jadi yang tertinggi penambahan kasus Covid-19 pada Jumat (12/6)

Ia justru menilai, pemotongan capex dimaksudkan untuk memaksakan konsep PLN sebagai distributor setrum. Sementara pembangunan pembangkit listrik diserahkan kepada swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×