Reporter: Noverius Laoli | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Extra Joss memanfaatkan momentum penutupan perayaan tahun baru Imlek pada 17 Februari 2011 yang berdekatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 15 Februari 2011 dengan menggelar pertunjukan barongsai dan tabligh akbar di puluhan kota di Indonesia. Beberapa kota yang akan didatangi seperti Medan, Jakarta, Surabaya, Semarang, Samarinda, Jambi, dan Kupang.
Loni, GM Marketing PT Bintang Toedjoe bilang, penjualan Extra Joss pada Januari 2011 mengalami kenaikan signifikan dibandingkan Januari 2010. "Kenaikan penjualan ini di atas 20% dibandingkan tahun lalu,” katanya tanpa menyebut nominal pendapatan perusahaan.
Sementara penjualan Extra Joss sepanjang 2010 telah meningkat lebih dari 20% dari tahun sebelumnya. "Tahun ini saya optimis penjualan kami bisa lebih tinggi dari 2010," terang Loni.
Prediksi meningkatnya penjualan Extra Joss disebabkan oleh dua hal. Pertama, karena tahun ini musim kemarau lebih panjang dibanding tahun lalu. Kedua, pertumbuhan ekonomi yang semakin baik. "Tahun ini, total omzet yang diperoleh dari seluruh penjualan minuman energi termasuk extra joss mencapai Rp 3 triliun," papar Loni.
Sebagai catatan bahwa saat ini konsumen Extra Joss jumlahnya dua hingga tiga kali lipat dari minuman sejenis. Pangsa pasar Extra Joss mencapai sekitar 50% pada tahun 2009 dan pada tahun 2010 mencapai sekitar 60%.
Sekitar 70% pemasaran Extra Joss dilakukan di Pulau Jawa dan sisanya di luar pulau Jawa. Extra Joss juga punya cabang di negara-negara ASEAN kecuali Thailand. “Saat ini penjualan di luar negeri mencapai 30% dari total produksi dalam setahun,” ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News