Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang Ramadan 2018, Facebook Indonesia beberkan kebiasaan pengguna selama bulan puasa. Adisti Latief, Market Science Leader Facebook Indonesia mengatakan berdasarkan data dari Global Web Index kuartal II 2017, selama bulan Ramadan, pengguna internet di Indonesia 2,2 kali lebih banyak menghabiskan waktunya di perangkat telepon (mobile) dibandingkan menonton televisi (TV).
Lanjut Adisti, masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan 4 jam 20 menit di mobile sedangkan di Televisi hanya 1 jam 58 menit. Selain itu, Adisti menjelaskan mobile digunakan sebagai pelengkap TV, dimana terjadi peningkatkan sebesar 75% penggunaan perangkat mobile ketika menonton TV.
Pada umumnya masyarakat menggunakan mobile untuk mengakses banyak layar atau multi screening. Adapun sebaran penggunaan mobile sebagai berikut: menggunakan media sosial 59%, chatting 53%, dan membaca email 43%.
"Berdasarkan data internal Facebook, selama bulan Ramadan 97% posting Facebook berasal dari perangkat mobile. Selain itu dua kali lebih banyak posting Facebook dibandingkan bulan biasa," ujar Adisti di Jakarta, Senin (7/5).
Adisti juga menyampaikan pada periode Ramadan 2017 terjadi kenaikan posting Facebook sebesar 19% dibandingkan bulan biasa. Ada 74% peningkatan waktu menonton video oleh pengguna Facebook selama Ramadan 2017 dibandingan 2016.
Gaya hidup dalam menggunakan pesan semakin meningkat. Berdasarkan data eMarketer pada Juli 2017, lebih dari 35% pertumbuhan pengguna aplikasi mobile di Indonesia sejak 2016. Selain itu ujar Adisti, terdapat 70,6 juta pengguna aplikasi di Indonesia pada tahun 2018 berdasarkan eMarketer.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News