kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   -1.000   -0,05%
  • USD/IDR 16.742   45,00   0,27%
  • IDX 6.762   12,82   0,19%
  • KOMPAS100 976   2,56   0,26%
  • LQ45 758   0,65   0,09%
  • ISSI 215   1,22   0,57%
  • IDX30 393   0,26   0,07%
  • IDXHIDIV20 469   -1,36   -0,29%
  • IDX80 111   0,24   0,22%
  • IDXV30 115   -0,15   -0,13%
  • IDXQ30 129   0,15   0,12%

Flexi Raup Rp 25 Miliar dari Layanan SMS


Selasa, 29 September 2009 / 15:18 WIB
Flexi Raup Rp 25 Miliar dari Layanan SMS


Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri di tahun ini membawa berkah bagi operator telepon seluler. Bahkan, bukan hanya operator GSM yang berhasil mendulang lonjakan trafik saat Lebaran, sejumlah operator CDMA (Code Division Multiple Accses) juga mengungkapkan keberhasilan serupa.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), misalnya. Operator pemegang merek Flexi ini mengklaim, keberhasilan panggilan selama periode sibuk di hari Lebaran mencapai 96%.

"Lonjakan trafik sesuai prediksi kami untuk suara dan SMS terjadi pada H-1, H, dan H+1," ungkap Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia (29/8).

Flexi mencatat, lonjakan trafik short massage service (SMS) alias pesan singkat terjadi pada H-1 sebesar 87,13 juta atau naik 57% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan pada hari H, tercatat 97,07 juta SMS dan pada H+1 tercatat 66,73 juta SMS, masing-masing kenaikan 71% dan 41% dibandingkan musim Lebaran 2008.

Dengan biaya SMS pelanggan prabayar ke sesama Rp 100 dan ke operator lain Rp 165, maka pendapatan yg diperoleh Flexi dari layanan SMS selama 3 hari itu sedikitnya mencapai Rp 25,09 miliar.

Flexi juga mengalokasikan lebih dari 3,5 juta dummy number untuk keperluan migrasi pelanggannya yang bepergian keluar kota. Jumlah tersebut sekitar 30% hingga 40% dari total pelanggan Flexi.

Eddy mengungkapkan, selama H-5 hingga H+5 Lebaran, tercatat rata-rata 250 ribu aktivasi Combo per hari. Permintaan aktivasi Combo tertinggi terjadi pada H-1, H dan H+1, masing-masing 239.491, 235.269 dan 224.507 permintaan aktivasi Combo. Sayangnya, Eddy enggan menyebut besaran peningkatan pendapatan yang didapatkan dari lonjakan tersebut.

Permintaan nomor Combo tertinggi terjadi di wilayah Divre 5 Jawa Timur, diikuti Divre 4 Jateng-Jogja dan Divre 3 Jabar-Banten. Secara nasional pelanggan Flexi saat ini mencapai 13,8 juta pelanggan atau bertambah dua kali lipat dibanding akhir tahun 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×