Reporter: Rashif Usman | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Startup kopi lokal Indonesia, Fore Coffee membidik kenaikan penjualan kopi hingga 65% atau sekitar 30 juta gelas di tahun 2024. Angka ini naik dari total penjualan di tahun 2023 sebesar 18 juta gelas.
Chief Marketing Officer Fore Coffee Matthew Ardian optimistis target tersebut akan tercapai karena perusahaan memiliki strategi pemasaran holistik, yakni melakukan sejumlah project marketing yang berfokus pada customer centric.
"Pada tahun 2023 kami sudah berhasil menjual 18 juta produk untuk drinks only. Dengan penambahan target stores dari 175 ke 240 serta target akuisisi customer yang naik, kami punya target penjualan kurang lebih 30 juta gelas tahun ini." ucapnya.
Secara rinci, Matthew mengatakan penjualan tertinggi Fore Coffee yakni pada varian Butterscotch Sea Salt Latte yang laku terjual 2,5 juta gelas sepanjang tahun 2023, diikuti dengan varian Buttercream series.
"Kami memiliki sekitar 40 jenis minuman. Penjualan paling tinggi ada di Butterscotch Sea Salt Latte. Padahal, awal diluncurkan menjadi produk seasonal, namun feedbacknya bagus sehingga kita patenkan jadi produk permanen. Kemudian varian Buttercream series menjadi penjualan tertinggi kedua," paparnya.
Baca Juga: Ekspansi Bisnis, Fore Coffee Targetkan Penambahan 70 Gerai di Tahun 2024
Matthew menambahkan, Fore Coffee juga bakal menambah gerai baru sebagai strategi bisnis perusahaan. Adapun penambahan gerai tersebut akan menyasar kota tier dua dan tiga di Indonesia.
"Kami akan melakukan ekspansi yang didominasi kota tier dua dan tiga. Pada awal tahun 2024 kami memiliki 175 gerai yang berlokasi di 33 kota di Indonesia, termasuk 1 gerai Singapura yang baru buka di November 2023. Di tahun 2024, gerai kami (targetkan) kurang lebih sebanyak 240," terangnya.
Selain di Indonesia, Fore Coffee juga bakal menambah dua gerai barunya di Singapura. Setelah sebelumnya sukses membuka gerai perdananya pada November 2023 lalu.
Matthew menjelaskan rencana penambahan ini tak lepas dari antusiasme warga Singapura yang tinggi terhadap produk Fore Coffee.
"Fore Coffee diterima sangat baik sekali di Singapura. Animonya tinggi sekali. Secara mengejutkan, tren yang kami bawa di Indonesia ternyata juga diterima baik di Singapura, di mana menu Butterscotch kami menjadi best seller disana," imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News