kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Gabel Sebut Beberapa Produk Elektronik Cukup Terdampak Kelangkaan Semikonduktor


Jumat, 27 Mei 2022 / 20:39 WIB
Gabel Sebut Beberapa Produk Elektronik Cukup Terdampak Kelangkaan Semikonduktor
ILUSTRASI. Calon pembeli mengamati barang elektronik yang di jual di Electronic City, Mal Gandaria City, Jakarta, Sabtu (23/4/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) turut menanggapi tantangan keterbatasan chip semikonduktor yang masih terjadi secara global. 

Sekretaris Jenderal Gabel Daniel Suhardiman mengatakan, ada sejumlah produk elektronik yang paling terdampak oleh masalah kelangkaan chip semikonduktor. Di antaranya adalah televisi dan home appliances yang berbasis teknologi inverter seperti air conditioner (AC), kulkas, dan mesin cuci.

"Ini karena produk tersebut menggunakan control unit yang padat semikonduktor," imbuh dia, Jumat (27/5). 

Baca Juga: Krisis Chip Semikonduktor Pengaruhi Industri Elektronik di Dalam Negeri

Menurut Gabel, kelangkaan chip semikonduktor bukanlah hal baru, sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga produk elektronik pada saat ini. Justru, keberadaan perang Rusia-Ukraina yang memicu kenaikan tajam harga sejumlah bahan baku yang berujung melonjaknya biaya produksi di sektor elektronik. 

Risiko kelangkaan chip semikonduktor pun masih bisa terjadi di masa mendatang. Maka dari itu, pabrik-pabrik elektronik sudah mengantisipasinya dengan memproyeksikan kebutuhan produksi hingga dua tahun ke depan. 

"Pelaku usaha sudah melakukan booking untuk kebutuhan dalam beberapa tahun. Selain itu, tentu saja bisa dilakukan  perubahan desain sirkuit agar dapat menggunakan basis chip yang common use," pungkas Daniel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×